CITIZEN REPORTER

Mahasiswa KKN Unhas Bangun Incinerator Sampah di Pulau Kodingareng

Incinerator merupakan teknologi pembakaran sampah dengan metode pembakaran yang dikendalikan

Mahasiswa KKN Unhas Bangun Incinerator Sampah di Pulau Kodingareng
CITIZEN REPORTER
penanggung jawab program kerja bersama Lurah Kodingareng Lompo (Ruslan Jufri, A. Md) dan tokoh masyarakat 

Irwan fathar

Mahasiswa Teknik Mesin Unhas

Melaporkan dari Pulau Kodingareng Lompo

TRIBUN-TIMUR.COM-Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Dikti 2018 membangun Incinerator Sampah Ramah Lingkungan di Pulau Kodingareng Lompo, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar.

Pembangunan incinerator sampah ramah lingkungan merupakan satu dari 11 program kerja yang telah dilaksanakan mahasiswa peserta KKN PPM Dikti di Pulau Kodingareng Lompo.

Pembangunan Incinerator dengan dimensi 2,5m x 2m x 1,8m menggunakan mesin penyaring asap dengan memanfaatkan energi surya. Pembangunan incinerator diresmikan pada Minggu (5/8/2018) lalu oleh Lurah Kodingareng Lompo dan Supervisor KKN Dr Muhammad Syahid ST MT setelah melewati dua kali uji coba.

Pembangunan incinerator mendapat respon positif dari masyarakat pulau kodingareng lompo, terlihat selama pembangunan incinerator selain mahasiswa yang menjadi penanggung jawab program kerja, masyarakat di pulau kodingareng lompo juga turut berpartisipasi selama pembangunan berlangsung.

Incinerator merupakan teknologi pembakaran sampah dengan metode pembakaran yang dikendalikan. Keunggulan dari incinerator, asap dari hasil pembakaran tidak menimbulkan polusi udara berlebih dikarenakan sebelum asap hasil pembakaran keluar keudara luar asap tadi disemprotkan air terlebih dahulu sehingga polutan yang terkandung dalam asap dapat tersaring.

Incinerator ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan sampah yang ada di Pulau Kodingareng, karena selama ini banyak warga yang membuang sampah di laut,"kata Supervisor KKN Unhas, Dr Muhammad Syahid ST MT

Kegiatan ini diakhiri dengan uji coba pembakaran sampah bersama masyarakat pulau kodingareng lompo yang diwakili Daeng Rani selaku masyarakat yang ditugaskan sebagai operator incinerator.(*)


Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help