PLN Butuh 16 Ribu Pekerja Kompeten Hingga 2022

Tak tanggung-tanggung, PLN bekerja sama dengan 17 Perguruan Tinggi se-Indonesia untuk melaksanakan Program Diploma III Kerjasama (D3K).

PLN Butuh 16 Ribu Pekerja Kompeten Hingga 2022
sanovra/tribuntimur.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas dan siap pakai di bidang ketenagalistrikan.

Tak tanggung-tanggung, PLN bekerja sama dengan 17 Perguruan Tinggi se-Indonesia untuk melaksanakan Program Diploma III Kerjasama (D3K).

Kerjasama dilakukan dalam bentuk penandatanganan Amandemen Perjanjian Kerjasama Diploma III (D3) dengan 17 Perguruan Tinggi.

Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali dalam sambutannya menuturkan, PLN akan mencari tenaga kerja yang lebih spesifik dan siap pakai dengan bekal sertifikasi kompetensi.

Baca: Jaring Pegawai Berkualitas, PLN Gandeng 17 Perguruan Tinggi se Indonesia

"Kebutuhan PLN akan tenaga kerja siap pakai semakin banyak. Sampai tahun 2022, PLN memerlukan tambahan 16.000 pegawai. Ke depan kerja sama ini semakin baik dengan upaya-upaya perbaikan," ujar Muhamad Ali di Swissbelhotel Jl Ujung Pandang Makassar, Rabu (8/8/2018) 

Program D3 Kerjasama PLN yang dibuka secara khusus oleh Perguruan Tinggi dimana mahasiswa D3 kerja sama yang telah lulus seluruh tahapan seleksi akan mulai kuliah dari semester awal.

“Mahasiswa yang telah lulus akan diangkat sebagai pegawai PLN jika memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan dalam kontrak. Selama pendidikan, mahasiswa diberi kesempatan untuk melaksanakan praktikum dan magang di unit PLN,” jelas Muhamad Ali.

Sejak tahun 2013 sampai dengan saat ini Program D3 Kerjasama PLN telah diikuti sebanyak 1.673 orang mahasiswa.

Baca: PLN Tinjau Pelanggan Terbesar di Indonesia Timur dengan Daya 350 MVA

Sebanyak 159 orang telah lulus dan diangkat pegawai. 186 orang telah lulus dan sedang mengikuti Diklat Prajabatan serta 1.328 sedang menjalani kuliah tingkat I, II dan III.

Untuk Program D3 Kerjasama, PLN bermitra dengan 17 Perguruan Tinggi yang tersebar diseluruh Indonesia, yakni Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN, Sekolah Vokasi Universitas Gajah mada, Universitas Diponegoro, Universitas Cendrawasih,

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bali, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Ambon dan Politeknik Negeri Sriwijaya. (aly)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved