Juara Olimpiade Tingkat Asia, Bebas Tes di Trisakti, Gloria Terancam Tidak Lanjut Kuliah

Gloria baru saja menyelesaikan pendidikannya di SMA Kristen Barana jurusan IPA

Juara Olimpiade Tingkat Asia, Bebas Tes di Trisakti, Gloria Terancam Tidak Lanjut Kuliah
HANDOVER
Gloria Samanta Tiku Pasang 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Mantan Juara 2 Olimpiade Sains dan Matematika Tingkat Asia tahun 2017 di Bangkok, Thailand, Gloria Samanta Tiku Pasang terancam tak bisa melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Gloria baru saja menyelesaikan pendidikannya di SMA Kristen Barana jurusan IPA dan mendapatkan kesempatan bebas tes di Universitas Trisakti Jurusan Perminyakan.

Namun, dengan keadaan berasal dari keluarga yang kurang mampu, sehingga Gloria terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tersebut di Jakarta.

"Sangat disayangkan, Pemerintah Toraja Utara tidak memberikan perhatian, padahal keberhasilan Gloria ke tingkat Asia ini menjadi kebanggaan orang Toraja karena telah mengharumkan nama bangsa," ujar Pemerhati Pendidikan Toraja Utara, Sultan Longgu kepada TribunToraja.com, Rabu (8/8/2018).

Sultan meyinggung visi misi Bupati Kalatiku Paembonan yang ingin memajukan Pendidikan dan membawa Kabupaten Toraja Utara menjadi peringkat di Sulawesi Selatan.

"Berbanding terbalik, potret pendidikan di Toraja Utara malah sangat memprihatinkan, yang terjadi pada Gloria sama sekali tidak mendapat perhatian," jelasnya.

Dengan keprihatinan itu, sebagai pemerhati pendidikan di Toraja, Sultan berharap kepada Gubernur terpilih Prof H M Nurdin Abdullah agar membantu mantan juara Olimpiade tersebut, agar cita-cita Gloria tidak terhenti, kedua orangtuanya tidak mampu membiayai uang kuliah di PTS ternama seperti Universitas Trisakti.

Pembimbing di SMA Kristen Barana, Dorce Kamma mengatakan, selama sekolah Gloria mendapatkan beasiswa karena termasuk anak berprestasi dan saat mengikuti olimpiade di luar negeri, Gloria hanya dibiayai oleh sekolah dan keluarga, tidak ada bantuan dari Pemkab Toraja Utara.

"Sebenarnya, Gloria saat ini kewalahan mendapatkan dana untuk biaya kuliah, dia lolos tes di Universitas Trisakti tapi harus membayar uang pendaftaran dengan biaya banyak," jelas Dorce.

Dengan sangat disayangkan kesempatan Gloria yang terancam terhenti di jalan, Dorce sangat berharap kepada Pemerintah Toraja Utara bisa memberikan perhatian kepada Gloria agar bisa melanjutkan pendidikan dan mencapai cita-citanya. (*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help