Deng Ical Ungkap Keberhasilan Pemkot Makassar di Bidang Kemaritiman

Syamsu Rizal MI memberikan materi dalam pelatihan Reform Leader Academy Angkatan XV dengan tema kemaritiman

Deng Ical Ungkap Keberhasilan Pemkot Makassar di Bidang Kemaritiman
HANDOVER
Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI memberikan materi dalam pelatihan Reform Leader Academy Angkatan XV dengan tema kemaritiman di gedung balai pelatihan LAN RI, Selasa (7/8/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI memberikan materi dalam pelatihan Reform Leader Academy Angkatan XV dengan tema kemaritiman di gedung balai pelatihan LAN RI, Selasa (7/8/2018) malam.

Pada kesempatan itu, Deng Ical mengungkapkan keberhasilan Kota Makassar di bagian kemaritiman, khususnya terkait pengelolaan daerah pesisir.

Pengelolaan daerah pesisir, khususnya reklamasi diawali pada tahun 2003, dimana kondisi air laut di Pantai Losari sudah sangat memprihatinkan, bahkan dinyatakan tidak memungkinkan memberi daya kehidupan.

"19 Hotel dengan water treatment sederhana bermuara di losari waktu itu, mengakitbatkan kondisi air laut sangat memprihatinkan, sehingga tahun 2006 diberlakukan setiap hotel wajib menggunakan water treatment sesuai standar sehingga dinyatakan layak tuk dilepaskan ke laut," lanjut Deng Ical.

Satu hal yang mesti disadari sebagai tugas pemerintah menurut Deng Ical, yakni meningkatkan nilai, dan memanfaatkan sumber daya yang sangat terbatas untuk sebesar besarnya bagi masyarakat.

Keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh pemerintah, mengharuskan adanya inovasi dan kreatifitas agar mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Kondisi pesisir pantai Kota Makassar, meski belum sepenuhnya baik, setidaknya telah mampu memberikan perubahan yang signifikan.

"Penanaman mangrove salah satunya, dengan melibatkan berbagai unsur dari TNI, kepolisian, LSM, dan berbagai stackholder lainnya," tambahnya. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved