Bawaslu Toraja Utara Batalkan Putusan KPU Terkait Bacaleg JK Tondok

Joni Kornelius Tondok, dikatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena mantan terpidana kasus korupsi dana pemberdayaan

Bawaslu Toraja Utara Batalkan Putusan KPU Terkait Bacaleg JK Tondok
risnawati/tribuntoraja.com
Bawaslu Toraja Utara mengelar sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu pada Pileg 2019 di Kantornya, Jl Pramuka, Kecamatan Rantepao, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Toraja Utara mengelar sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu pada Pileg 2019 di Kantornya, Jl Pramuka, Kecamatan Rantepao, Rabu (8/8/2018).

Pengajuan sengketa proses Pemilu yang dilakukan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dimana Bacaleg Dapil 4 bernama Joni Kornelius Tondok tidak memenuhi syarat pencalonannya ke KPU Toraja Utara.

Joni Kornelius Tondok, dikatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena mantan terpidana kasus korupsi dana pemberdayaan perempuan, pengadaan barang dan jasa, biaya mobilitas, kegiatan DPRD Tana Toraja pada tahun 2002-2003.

Ketua Bawaslu Andarias Duma mengatakan, pihaknya telah membatalkan berita acara KPU tekait tidak memenuhi syaratnya Joni Kornelius Tondok sebagi calon legislatif pada Pemilu 2019.

"Bawaslu berpedoman pada Undang-undang dasar 1945 pasal 27 dan 28 tentang hak asasi manusia, dimana hak memilih dan dipilih, hak politik seseorang dijamin," tutur Andarias.

"Kami juga mengikuti keputusan Mahkamah Konstitusi dan yang dapat mencabut hak poltik seseorang hanya kepala pengadilan," jelasnya.

KPU hanya mengikuti PKPU Nomor 17 tahun 2017 tentang Pemilu yang bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi, jadi diperintahkan oleh KPU Toraja Utara tetap menerima dan memverifikasi pencalonan Bacaleg tersebut.

"Pihak KPU akan ke KPU Sulsel untuk konsultasi, kita beri kesempatan untuk menindaklanjuti ini ke KPU Sulsel," tutup Andarias.

Sidang ajudikasi dihadiri pemohon yakni pengurus PKPI serta Bacaleg Joni Kornelius Tondok, serta pihak termohon tiga Komisioner KPU Toraja Utara, yang diketahui hanya di Kabupaten Toraja Utara baru dilaksanakan.

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved