Bahas HGU PT Lonsum, Pemkab Bulukumba Rapat di Kemendagri

Pertemuan tersebut juga mengundang pejabat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kementerian ATR/BPN.

Bahas HGU PT Lonsum, Pemkab Bulukumba Rapat di Kemendagri
firki/tribunbulukumba.com
Suasana rapat di Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Gedung H Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Kontrak Hak Guna Usaha (HGU) PT London Sumatera (Lonsum) di Bulukumba, bakal berakhir tahun 2023 mendatang.

Sebelum perpanjangan atau tidaknya HGU PT Lonsum diputuskan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengundang Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, perwakilan dari masyarakat, lembaga adat dan LSM Agra Bulukumba untuk membahas HGU tersebut.

Pasalnya, saat ini banyak konflik yang terjadi di lahan perkebunan karet yang tersebar beberapa kecamatan di Bulukumba itu.

Rapat tersebut digelar oleh Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan di Gedung H Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018).

Pertemuan tersebut juga mengundang pejabat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kementerian ATR/BPN.

Momentun tersebut diharap dapat menjadi solusi terkait permasalahan tanah, yang sebelumnya kandas pada proses pengukuran, setelah mendapat penolakan dari pihak PT Lonsum.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali mengatakan, pihaknya akan fokus pada persoalan yang sudah teridentifikasi, seperti dugaan lahan HGU yang tidak sesuai batas, mengembalikan tanah ulayat Kajang dan tanah adat Bulukumpa Toa, serta tanah warga yang bersertifikat diambil oleh PT Lonsum.

“Kita tidak mungkin memaksa PT Lonsum minggat, tapi dengan momentum perpanjangan kontrak tersebut, kita bisa mengembalikan hak tanah adat dan tanah warga dengan pengukuran ulang HGU sebelum perpanjangan kontrak,” ujar AM Sukri Sappewali.

Dengan adanya mediasi dari Kemendagri pada rapat tersebut, diharap dapat menjadikan permasalahan yang sudah puluhan tahun ini dapat segera terselesaikan.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help