30 Tahun Menetap di Makassar, Dg Faisal Baru Nikmati Air PDAM

Ia bersama 24 warga berpenghasilan rendah lainnya menerima hadiah tersebut langsung dari pihak PDAM

30 Tahun Menetap di Makassar, Dg Faisal Baru Nikmati Air PDAM
ALFIAN
Dg Faisal (60) menerima hadiah sambungan PDAM gratis dari Wali Kota Makassar, Mochammad Ramdhan Pomanto, saat upacara HUT ke-94 PDAM Makassar, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Air merupakan kebutuhan utama makhluk hidup di dunia, terutama manusia. Namun tak semua bisa menikmatinya sesuai kebutuhan dan peruntukannya.

Apalagi hidup di kota besar seperti Makassar, kebutuhan akan air bersih pastilah menjadi prioritas. Hanya saja, air bersih yang disediakan melalui sambungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) belum sepenuhnya menjangkau seluruh warga Makassar.

Tercatat di usianya yang ke-94 tahun PDAM Makassar baru menjangkau sekitar 73 persen pelanggan dari total keseluruhan rumah tangga yang ada. Kondisi ini harus membuat sebagian warga harus mencari sumber air bersih dengan berbagai cara.

Semisal dengan menggunakan pompa air dan sumur untuk penggunaan air tanah dan ada pula yang harus mengeluarkan biaya untuk membeli air bersih.

Dg Faisal (60), misalnya selama lebih dari 30 tahun harus memanfaatkan air tanah untuk menuhi kebutuhannya bersama keluarga.

Namun beberapa tahun terakhir, ia pun harus mengeluarkan uang untuk membeli air bersih akibat krisis air dan tak adanya sambungan PDAM di rumahnya, Jl Galangan Kapal, Kelurahan Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo.

"Jadi saya itu beli air pakai jergen biasa beli Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu/jergen untuk kebutuhan hari-hari," ungkapnya.

Tetapi Dg Faisal yang sehari-hari bekerja sebagai pengumpul besi tua itu tak perlu khawatir lagi. Di Upacara Peringatan HUT ke-94 PDAM Makassar, Rabu (8/8/2018), Dg Faisal dihadiahi sambungan PDAM gratis.

Ia bersama 24 warga berpenghasilan rendah lainnya menerima hadiah tersebut langsung dari pihak PDAM dan Wali Kota Makassar, Mochammad Ramdhan Pomanto.

Kepala Bagian Humas PDAM Makassar, Muhammad Idris Tahir, mengatakan bahwa pemberian tersebut bagian dari apresiasi di HUT ke-94 PDAM kali ini.

"Ada 25 warga terima sambungan air gratis, berpenghasilan rendah dari empat wilayah. Ini bentuk komitmen pelayanan kami kepada masyarakat agar bisa menikmati air bersih di kota Makassar ini," ujarnya.

Penulis: Alfian
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved