Haruskah Tukar Debit Biasa ke GPN? Ini Lima Manfaatnya

Ini kata Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KP) Sulsel, Bambang Kusmiarso di sela kampanye GPN

Haruskah Tukar Debit Biasa ke GPN? Ini Lima Manfaatnya
abdiwan/tribuntimur.com
pegawai pemerintah kota menukarkan kartu debitnya dengan kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di kantor balaikota Makassar, Senin (5/8). Kartu berlogo GPN merupakan terobosan dalam menghilangkan fragmentasi layanan perbankan retail sehingga masyarakat dapat mengakses layanan sistem pembayaran yang lebih efisien melalui interkoneksi dan interoperabilitas. 

GUNA semakin mengakrabkankartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional kepada masyarakat, BI KP Sulsel bekerja sama dengan 53 perbankan di Sulsel menggelar kampanye Penukaran Kartu Berlogo GPN hingga 10 Agustus mendatang.

Apakah manfaat menukarkan kartu debit biasa ke GPN? Ini kata Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KP) Sulsel, Bambang Kusmiarso di sela kampanye GPN di Anjungan Pantai Losari Jl Penghibur Makassar, Minggu (5/8).

Baca: Penukaran Kartu Debit Berlogo GPN Gratis

Lima Manfaat GPN
* Bisa transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

* Terjamin keamanannya dalam transaksi, karena fitur yang terstandardisasi, di samping seluruh prosesnya yang dilakukan melalui jaringan domestik

* Tidak dikenakan biaya oleh merchant yang menggunakan kartu perbankan karena penetapan Merchant Discount Rate (MDR). Misalnya merchant transaksi reguler sebelum GPN berkisar sampai dengan 3,5 persen, setelah GPN hanya 0,15 persen.

* Kanal pembayarannya sudah saling terkoneksi dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

* Biaya administrasinya lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di jaringan domestik.(*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help