Optimalkan Pelayanan Darurat, BPBD Makassar Siapkan TRC 24 Jam

Bukan hanya pada saat terjadi, tapi juga sebelum dan pasca terjadinya bencana, hal ini merujuk pada UU Nomor 4 tahun 2007.

Optimalkan Pelayanan Darurat, BPBD Makassar Siapkan TRC 24 Jam
Fahrizal/tribun-timur.com
Sekretaris BPBD Makassar, Khaerudding Awing (kemeja putih) 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar terus mengoptimalkan penanggulangan bencana yang kerap terjadi di Makassar.

Sekretaris BPBD Makassar, Khaerudding Awing mengatakan Pemerintah Kota Makassar hadir dalam setiap bencana dan musibah yang terjadi bagi warga Makassar.

Bukan hanya pada saat terjadi, tapi juga sebelum dan pasca terjadinya bencana, hal ini merujuk pada UU Nomor 4 tahun 2007.

"Jadi kita fungsi BPBD sesuai Undang-undang Nomor 4 tahun 2007. Fungsi komando pelaksanaan dan fungsi koordinasi, kita bukan hanya penangulangan setelah bencana tapi pra dan pasca bencana juga," kata Awing, Senin (6/8/2018).

Awing menjelaskan, BPBD Makassar terus berupaya agar setiap bencana dapat tertangani dengan baik, bahkan tak lagi terjadi di Makassar, dengan melakukan sosialisasi pencegahan ke masyarakat termasuk bencana kebakaran yang marak terjadi.

"Kita mengadakan sosialisasi bencana bagaimana pencegahan dan supaya tidak terjadi kebakaran," jelasnya.

BPBD Makassar juga hadir mengurangi bebas masyarakat yang terkena musibah dengan memberikan bantuan.

"Memberikan bantuan fisik dan non fisik ke korban berapa yang bisa dibantu termasuk pasca bencana, berapa dibantukan. Logistik kita bantu, tenda, sarung, selimut, family gift dan babygift kapada kepala rumah tangga dan termasuk balok dan seng," terangnya.

BPBD sendiri saat ini terus mengerahkan TRC untuk memantau setiap bencana yang terjadi di Makassar.

TRC ini diklaim kerja maksimal selama 24 jam menerima laporan masyarakat.

"Kita buat program tangguh bencana, dibentuk kelurahan yang dibuat kita minta masyarakat tangguh dalam menghadapi bencana, bagaimana mengatasi bencana, keluar dari bencana. KIta juga ada TRC setiap kecamatan, ada kebakaran kita meluncur," tutup Awing.

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help