LP2S UMI Intens Sosialisasi Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen

Sosialisasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal penelitian.

LP2S UMI Intens Sosialisasi Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen
munawwarah/tribun-timur.com
Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) dan Lembaga Pengabdian Masyarakat Dakwah (LPMD), Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali menggelar sosialisasi sosialisasi pengajuan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk pendanaan Tahun 2019 bagi dosen dalam lingkup UMI di aula Fakultas Teknik UMI, Jumat (3/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) dan Lembaga Pengabdian Masyarakat Dakwah (LPMD), Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali menggelar sosialisasi sosialisasi pengajuan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk pendanaan Tahun 2019 bagi dosen dalam lingkup UMI di aula Fakultas Teknik UMI, Jumat (3/8/2018).

Sosialisasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal penelitian dan pengabdian bagi dosen UMI tanpa terkecuali. Dimulai dari Fakultas Teknik (FT).

Ketua LP2S UMI, Prof Dr H Syahnur Said mengatakan, kegiatan sosialisasi merupakan tindak lanjut surat dari Ristekdikti agar pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi diarahkan untuk mewujudkan keunggulan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi.

Juga meningkatkan daya saing perguruan tinggi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada tingkat nasional dan internasional.

Sementara itu pada Penelitian lebih jauh ketua LP2S memaparkan dengan seksama mengenai Proposal Penelitian untuk Pendanaan tahun 2019, yang tahun ini proses pengusulan melalui sistem daring yakni Simlitabmas.

Baca: LP2S UMI Gelar Penyamaan Persepsi Kurikulum Perguruan Tinggi, Ini Tujuannya

Baca: LPM Penalaran UNM Deklarasikan SMA Bosowa Sebagai Sekolah Binaan

"Proposal yang masuk harus diverifikasi dan disetujui terlebih dahulu sebelum di usulkan ke DIKTI dan semua karya ilmiah kedepannya akan dicek similaritynya mulai dari S1 sampai S3 untuk mencegah plagiarisme," tuturnya.

"Intinya sosialisasi ini untuk meningkatkan angka partisipasi dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, meningkatkan kapasitas pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi dan memfungsikan potensi perguruan tinggi dalam menopang daya saing bangsa," lanjutnya.

Hadir sebagai Pembicara yakni Ketua LP2S, Prof Syahnur Said dan Ketua LPMD Prof Ahmad Gani. Sementara Kepala Pusat Binaan LMPD) Dr Netty memaparkan syarat proposal Pengabdian Kepada Masyarakat untuk pendanaan tahun 2019. Di awali kategori dan skema pengabdian hingga proses penulisan proposal pengabdian.

"Permasalahan yang sering terjadi pada pengabdian masyarakat adalah angka kredit PPM dinilai sangat rendah, dimana rendahnya minat dosen berkompetisi dalam hibah PKM DRPM," kata dosen pertanian ini.

Lebih lanjut kata Netty, saat ini ada beberapa model pengabdian. Salah satunya pengabdian masa kini, yakni dosen harus berkomunikasi dengan mitra yang akan kita kerja sama.

Saat ini UMI memiliki 33 desa binaan (mitra) yang tersebar di Sulawesi Selatan. Kedepannya diharapkan pengabdian masyarakat pendukung pengabdian bangsa bisa menambah nilai luaran serta meningkatnya permintaan dosen dalam PPM yang baru 10 % yang terlibat dalam pengabdian untuk tahun ini.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help