Latsar CPNS Kemenristekdikti 2018 Studi Lapangan di FKM Unhas

Peserta yang hadir sebanyak 13 orang yang berasal dari perguruan tinggi berbeda di Indonesia.

Latsar CPNS Kemenristekdikti 2018 Studi Lapangan di FKM Unhas
munawwarah/tribun-timur.com
Latihan dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenristekdikti RI tahun 2018 di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat (3/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Salah satu tugas dari latihan dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenristekdikti RI tahun 2018 adalah melakukan studi lapangan, salah satunya di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

FKM Unhas dipilih kata Wakil Dekan III Prof Sukri Palutturi karena FKM Unhas dianggap sebagai salah satu fakultas terbaik yang dimiliki Unhas dengan sejumlah prestasi yang dimilikinya baik pada level nasional maupun Internasional.

Demikian disampaikan oleh Armita Muchtar dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar, yang didampingi oleh Fadjriah.

Adapun tujuan studi lapangan Latsar CPNS Kemenristek kata Armita untuk menginternalisasi pengetahuan dan sikap terhadap Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Anti korupsi (ANEKA).

Sementara Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam menyambut baik studi lapangan ini. "Latihan dasar ini dulu namanya prajabatan bahkan beliau berpikir ini bukan Latsar tapi laskar," kata Dekan Aminuddin dengan nada bercanda.

Lebih jauh kata Aminuddin menjelaskan apa itu ANEKA. Salah unsurnya yaitu Akuntabilitas yang berarti pertanggungjawaban yang harus sehat baik fisik maupun psikis. Adapun nasionalisme tercermin dalam hal perilaku bukan teori atau dalam pikiran. Nasionalisme kita terkikis karena faktor internal dan eksternal. Lebih lanjut tentang Etika publik.

Baca: Tangani Masalah Air dan Sanitasi, USAID IUWASH Gandeng FKM Unhas

Baca: FKM Unhas Gelar Pelatihan Pembiayaan Kesehatan

"ANEKA mengantar kita masuk surga. FKM itu adalah surga," ujarnya. Peserta yang hadir sebanyak 13 orang yang berasal dari perguruan tinggi berbeda di Indonesia.

Seperti Universitas Sulawesi Barat, Universitas Negeri Gorontalo, Politeknik Negeri Nusa Utara, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, Universitas Pattimura, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Manado, dan Universitas Sam Ratulangi.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut adalah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang juga sebagai pelaksana tugas Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan, Prof Sukri Palutturi,  dan para Kasubag.

Prof Sukri menambahkan bahwa di FKM Unhas coba dikembangkan one Day service, semua persoalan yang sifatnya administrasi harus selesai dalam satu hari.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help