Warga Bira Bulukumba Belajar Bahasa Inggris Gratis

Pendiri RBB, Zulkarnain Fatwa mengatakan, dalam beberapa kesempatan, peserta didik belajar Bahasa Inggris dengan wisatawan asing.

Warga Bira Bulukumba Belajar Bahasa Inggris Gratis
firki/tribunbulukumba.com
Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata, menggandeng lembaga kursus Bahasa Inggris Rumah Belajar Bersama (RBB), untuk melaksankan program kelas Bahasa Inggris, di Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, BONTOBAHARI - Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata, menggandeng lembaga kursus Bahasa Inggris Rumah Belajar Bersama (RBB), untuk melaksankan program kelas Bahasa Inggris, di Tanjung Bira, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba.

Kelas ini sudah berlangsung sejak Januari 2018 lalu, dan seiring berjalannya waktu, inovasi tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat.

Hingga saat ini, ratusan orang telah tergabung dalam kelas bahasa asing tersebut.

Kegiatan belajar mengajarnya dibuka tiga kali sepekan di Baruga, Kawasan Tanjung Bira.

Tidak seperti di kelas formal, belajar bahasa asing di tempat tersebut sangat menyenangkan. Pasalnya, suasa belajar dibuat seperti tempat bermain.

Pesertanya pun bukan hanya dari kalangan anak-anak hingga remaja, namun ibu-ibu rumah tangga juga menyempatkan belajar bahasa inggris di tempat tersebut.

Pendiri RBB, Zulkarnain Fatwa mengatakan, dalam beberapa kesempatan, peserta didik belajar Bahasa Inggris dengan wisatawan asing.

Menurutnya, metode itu dipercaya dapat membangun kepercayaan diri dan pembelajaran dalam pengucapan.

"Kita juga akan lihat yang mereka catat, apakah sudah benar dalam penulisannya dan juga apakah mereka tahu artinya,” ujar Nain, sapaan akrab Zulkarnain.

Bagi Nain, kelas Bahasa Inggris tersebut merupakan kelas belajar yang harus dipertahankan.

Pertimbangannya, Bira sebagai salah satu tujuan wisatawan asing di Indonesia harus didukung dengan kemampuan bahasa asing masyarakat setempat.

“Harapan saya sih, bagaimana orang merasa bahwa Bahasa Inggris itu tidaklah sulit, tidak lah mahal. Dan kita ini potensial karena tiap hari ada turis asing,” ujarnya.

Sekadar diketahui, belajar Bahasa Inggris ini merupakan inisiasi Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, M Ali Saleng, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Bira.

Peserta didik yang belajar Bahasa Inggris di tempat tersebut, tidak dikenakan biaya sama sekali.

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help