Bea Cukai Sosialisasi Aturan Ekspor-Impor untuk IKM

peserta sosialisasi yang terdiri dari pelaku bisnis UMKM dan perwakilan beberapa asosiasi UMKM berorientasi ekspor,

Bea Cukai Sosialisasi Aturan Ekspor-Impor untuk IKM
citizen reporter

MAKASSAR, TRIBUN - Pengusaha kecil dan menengah harus mempunyai strategi bisnis yang tepat agar bisa menembus pasar ekspor.

Untuk memberikan pemahaman mengenai ketentuan ekspor dan impor ke pengusaha kecil dan menengah, Bea Cukai Makassar menyelenggarakan sosialisasi peraturan ekspor impor untuk UMKM dengan tema “Strategi Menembus Pasar Internasional bagi Pelaku UMKM” di Kafe IDI Kanrejawa, Kamis (26/7/2018).

Menurut Vice President Indonesia Marketing Asociation (IMA) Chapter Sulawesi Selatan sekaligus Kepala Divisi Inkubator Bisnis Unhas Makassar, AM Nur Bau Massepe, dalam rilis panitia kegiatan, mengatakan strategi bisnis yang bisa dilakukan oleh pengusaha antara lain melakukan riset mengenai kebutuhan konsumen luar negeri agar produk UKM sesuai dengan value yang diinginkan pasar.

Jeli memanfaatkan perkembangan teknologi untuk promosi, pemasaran dan pembiayaan, serta pemahaman mengenai legalitas dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kegiatan ekspor impor.

Sementara Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Gusmiadirrahman, dalam sambutannya mengatakan ada beberapa fasilitas yang sudah disediakan pemerintah untuk pelaku industri kecil dan menengah agar dapat meningkatkan kualitas produknya sehingga dapat bersaing di pasar ekspor.

Salah satunya pelaku UKM dapat menggunakan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM).

Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas II Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Tommy Prasetyo Utomo, mengatakan dengan fasilitas KITE IKM, pelaku usaha kecil dan menengah dapat menikmati fasilitas pembebasan bea masuk dan pajak-pajak impor apabila mereka melakukan importasi bahan baku, bahan penolong atau barang modal berupa mesin untuk keperluan produksi barang jadi yang nantinya akan diekspor.

Dengan memanfaatkan fasilitas KITE IKM pelaku usaha akan mendapatkan keuntungan berupa penurunan biaya produksi, peningkatan daya saing dan peningkatan modal usaha dari pembebasan bea masuk dan pajak-pajak impor.

Dalam kesempatan tersebut, peserta sosialisasi yang terdiri dari pelaku bisnis UMKM dan perwakilan beberapa asosiasi UMKM berorientasi ekspor, mendapat penjelasan mengenai ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan pada saat melakukan ekspor maupun impor.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Bidang Usaha dan Pembiayaan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Moh Ichwan.(*)

Penulis: Alfian
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help