Satu Bacaleg Nasdem Bulukumba Tak Memenuhi Syarat, Tomy Satria Yulianto Hargai Proses Verifikasi KPU

Tomy Satria Yulianto mengaku menghargai proses verifikasi yang telah dilakukan oleh KPU Bulukumba

Satu Bacaleg Nasdem Bulukumba Tak Memenuhi Syarat, Tomy Satria Yulianto Hargai Proses Verifikasi KPU
firki/tribunbulukumba.com
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Ketua Partai Nasdem Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengaku menghargai proses verifikasi yang telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba.

Hal tersebut disampaikan Tomy, sebagai tanggapan atas status tidak memenuhi syarat (TMS) yang diberikan kepada salahsatu bakal calon legislatif (Bacaleg) Nasdem, Juharta.

"Kita hargai proses verifikasi dari KPU. Namun dilain sisi kita juga memberikan hak konstitusional setiap warga untuk terlibat dalam proses politik," ujar Tomy via pesan WhatsApp, Sabtu (21/7/2018) malam.

Menurut Tomy, pihaknya juga mengetahui bahwa kesepakatan antara DPR, pemerintah, bawaslu dan KPU bagi bacaleg mantan korupsi, pelecehan anak dan bandar narkoba akan diputuskan setelah ada uji materil dari Mahkamah Agung.

Sekadar diketahui, KPU Bulukumba telah menetapkan tiga bacaleg dengan status TMS.

Ketiga Bacaleg tersebut, yakni Juharta dari Partai Nasdem, Arkam Buhari dari Partai Golkar dan A Muktamar dari Partai Berkarya.

Komisioner KPU Bulukumba Syamsul menyebutkan, ketiga Bacaleg tersebut saat ini berstatus TMS sesuai hasil verifikasi yang berdasar pada Peraturan KPU.

"Statusnya saat ini TMS. Karena putusan pengadilannya pernah dipidana. Kami sebagai penyelenggara hanya berpedoman pada PKPU No 20,"  kata Syamsul.

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved