PT IKI akan Bantu Perbaikan dan Pemeliharaan Kapal PT Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) menjalin sinergi dengan PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI)

PT IKI akan Bantu Perbaikan dan Pemeliharaan Kapal PT Pelindo
HANDOVER
PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menjalin sinergi dengan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Rencana Kerja Sama Kemitraan untuk Perbaikan dan Pemeliharaan Kapal. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) menjalin sinergi dengan PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman rencana kerja sama kemitraan untuk perbaikan dan pemeliharaan kapal.

Nota kesepahaman diteken Dirut PT Pelindo IV Doso Agung dan Dirut PT IKI Edy Widarto di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pusat Pelindo IV Jl Hatta Makassar, Jumat (20/7/2018).

Doso Agung di sela sambutannya menuturkan, nota kesepahaman ini dimaksudkan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana kerja sama kemitraan untuk perbaikan dan pemeliharaan kapal antara Pelindo IV dan PT IKI.

"Tujuan lainnya untuk membangun kemitraan dan sinergi usaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki Pelindo IV dan IKI, serta mendorong peningkatan usaha dalam rangka rencana kerja sama kemitraan untuk perbaikan dan pemeliharaan kapal antar kedua pihak," katanya.

Sekarang ini Pelindo IV sedang membentuk konsorsium untuk kapal tunda, dengan tujuh perusahaan nasional dan multi nasional, sehingga pangsa pasar IKI bisa lebih luas lagi.

“Terus terang saat ini Pelindo IV lebih memilih menyewa kapal tunda daripada membeli karena bisa lebih hemat dari segi biaya dan SDM,” katanya.

Menurutnya, Pelindo IV mendapat tugas dari Pemerintah melalui SKK Migas, bahwa seluruh kapal tunda disediakan oleh Pelindo IV. Sehingga, pangsa pasar PT IKI akan lebih luas karena pasar Pelindo IV juga menjadi semakin luas lagi.

Direktur Utama PT IKI, Edy Widarto mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama ini.

"Saya berharap, secepatnya Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani segera terwujud dalam bentuk kerja sama yang lebih konkrit," katanya. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved