Yuk Meriahkan TFF di Toraja, Catat Jadwalnya!

Jadi kegiatan kita selama delapan hari dua lokasi, di Plaza Kolam Makale dan sekitaran Lapangan Bakti Rantepao.

Yuk Meriahkan TFF di Toraja, Catat Jadwalnya!
risnawati/tribuntoraja.com
Event Toraja Film Festival 2018 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, MAKALE - Event Film Festival'>Toraja Film Festival (TFF) bakal kembali digelar tahun ini di daerah Sulawesi Selatan bagian utara yakni Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

TFF dijadwalkan berlangsung pada 24-31 Agustus 2018, bertepatan dengan HUT ke-61 Tana Toraja dan Hari Jadi ke-771 Toraja.

Direktur TFF, Jeanot Nahasan Nida mengatakan selama delapan hari kegiatan berlangsung, akan dilaksanakan screening film di hari pembukaan, seminar ekonomi kreatif, workshop dan sosialisasi lembaga sensor film serta malam anugerah penutupan.

"Pada pembukaan event nanti di Makale pelataran kolam plaza, dilaksanakan pemutaran film Walking Dead dan persembahan film dari BNN, serta hiburan tarian pagellu Toraja, stand up comedy, dan akustik," tuturnya kepada TribunToraja.com, Kamis (19/7/2018).

Baca: TFF Ajari Pelajar Toraja Bikin Film

Baca: Ingin Nonton Film Anak Karaeng? Catat Jadwalnya!

Kemudian, seminar nasional yang diadakan pada 28 Agustus 2018 di Rantepao bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan tema "Pemanfaatan Kerja sama Pemerintah Dalam Meningkatkan Potensi Kreativitas di Daerah".

"Jadi kegiatan kita selama delapan hari dua lokasi, di Plaza Kolam Makale dan sekitaran Lapangan Bakti Rantepao. Jangan lupa ikut hadir memeriahkan acara TFF nanti," katanya.

Sementara itu, workshop perfilman pada 29-30 Agustus 2018 di Rantepao akan dibawakan oleh pemateri filmmaker ternama Indonesia yang dihadiri para budayawan yang ada di Toraja.

"Puncak acara atau malam anugerah penutupan TFF sendiri kita laksanakan di Rantepao, yang akan dimeriahkan banyak acara mulai dari hiburan seperti sendratari bertemakan landorundun hingga pembagian hadiah pemenang kompetisi," jelasnya.

Event TFF ini juga mengelar beragam kompetisi yang sudah dibuka sejak bulan lalu, peserta lomba akan mengirim hasil karyanya ke sosial media (sosmed) dan email panitia TFF 2018.

Kompetisi terbuka untuk umum dan gratis dan terbagi dalam kompetisi film pendek, kompetisi video profil nusantara, kompetisi video tantangan satu menit di Instagram dengan tema Toraja masa kini.

"Peserta kompetisi film pendek sudah 106 film yang kami terima, pemenangnya di umumkan pada malam anugerah nanti, juga ada pemutaran film dari peserta asal Palestina yang ikut berpartisipasi," jelasnya.

"Untuk kompetisi video tantangan satu menit di instagram, kami menilai dari video terbaik hasil penilaian para juri lokal dan video terfavorit berdasarkan like terbanyak," lanjutnya.(*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved