Gerhana Bulan Total atau Blood Moon

6 Tips Motret Gerhana Bulan 28 Juli 2018 Pakai Ponsel

cahaya dari flash hanya akan menerangi objek di dekat Anda. Oleh karena itu, matikan saat memotret gerhana

6 Tips Motret Gerhana Bulan 28 Juli 2018 Pakai Ponsel
int
ilustrasi: memotret gerhana bulan 

GERHANA Bulan tahun ini kembali akan terjadi pada akhir Juli 2018 nanti. Sebelumnya, gerhana bulan tahun ini terjadi pada Januari 2018 lalu.

Pakar ilmu falak atau astronomi telah memprediksi gerhana bulan itu terjadi pada tanggal 28 Juli 2018 dengan fenomena gerhana bulan total super blood moon.

Fenomena gerhana bulan total super blood moon ini juga bisa disaksikan di Indonesia.

Nah, bila tak ingin melewatkan momen fenomena alam yang langka tersebut dengan mengabadikannya lewat foto maka kamu sebaiknya mengetahui tips mengabadikan gerhana bulan tersebut jika menggunakan kamera ponsel.

Dilansir Kompas.com, berikut 6 cara memotret gerhana bulan menggunakan kamera ponsel berbasis Android.

1. Matikan Flash
Prinsipnya sama seperti pada ponsel iPhone, dimana cahaya dari flash hanya akan menerangi objek di dekat Anda. Oleh karena itu, matikan saat memotret gerhana.

2. Gunakan Mode “manual”
Gunakan mode manual untuk mengatur ISO, kecepatan rana dan white balance atau temperatur warna. Fotografer NASA Bill Ingall biasanya memilih temperatur netral “daylight” 5200 karena cahaya bulan adalah pantulan dari sinar matahari.
Opsi white balance juga bisa dipilih dalam bentuk preset “daylight” di mode manual kamera ponsel.

3. Atur Kecepatan Rana dan ISO di Angka Rendah
Agar foto yang dihasilkan berkualitas, atur ISO dan shutter speed di angka rendah. Sebenarnya, pengaturan ini bisa menyebabkan gambar rawan buram karena begitu peka terhadap goyangan. Oleh karena itu, foto harus diambil stabil, misalnya dengan meletakkan di tripod.

4. Gunakan format RAW (DNG)
Beberapa tipe Android menyediakan format penyimpanan gambar RAW (DNG), agar lebih fleksibel saat editing.

5. Zoom in Jika perlu
Beberapa model HP Android dengan dual camera, seperti Galaxy Note 8, Xiaomi Mi6, Asus ZenFone Zoom, dibekali lensa tele yang bisa memperoleh objek gambar lebih besar. Sedangkan untuk ponsel-ponsel dengan single camera, sebaiknya zoom in dilakukan tak lebih dari dua kali, agar kualitas gambar tak menurun.

6. Atur Exposure
Sejumlah ponsel Android modern sudah menyediakan slider exposure untuk mengatur kecerahan gambar. Manfaaatkan fitur itu untuk memotret Blood Moon 28 Juli mendatang. Pada beberapa tipe ponsel smatrphone berbasis android, pengaturan exposure terdapat pada mode kamera manual.

Nah, selamat berburu foto gerhana bulan total atau super blood moon pada 28 Juli 2018 nanti.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Yuk Simak Cara Abadikan Super Blood Moon 28 Juli 2018 dengan Kamera Ponsel, http://jakarta.tribunnews.com/2018/07/19/yuk-simak-cara-abadikan-super-blood-moon-28-juli-2018-dengan-kamera-ponsel?page=all.

Penulis: Ridwan Putra
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved