PSM Makassar

Stadion Barombong Tak Kunjung Rampung, Ini Pesan Terbuka Panglima LAJ ke Presiden Jokowi

Suporter PSM Makassar ingin menyaksikan klub kebanggaannya kembali berkandang di kampung sendiri. .

Stadion Barombong Tak Kunjung Rampung, Ini Pesan Terbuka Panglima LAJ ke Presiden Jokowi
SANOVRA JR/TRIBUN TIMUR
Suasana stadion Barombong sehari setelah ambruk terekam kamera Tribun Timur di Kecamatan Tamalate, Makassar, Minggu (3/12). Proyek stadion Barombong yang dirancang sesuai standar internasional atau FIFA itu ambruk setelah dilakukan pengecoran. Stadion ini telah menghabiskan anggaran sekitar Rp 160 miliar. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Entah cara apalagi yang harus dilakukan oleh suporter PSM Makassar untuk bisa menyaksikan klub kebanggaannya kembali berkandang di kampung sendiri. Tak adanya stadion yang memadai, membuat klub tertua Indonesia itu harus terusir.

Buntutnya, PSM harus berkandang di Stadion I Wayan Dipta, Bali pada pekan ke-16, Minggu (15/7/2018) saat menjamu Bhayangkara FC.

Persoalan klasik ini kembali menimpah Laskar Pinisi, Matoangin sebagai satu-satunya Stadion yang sering digunakan PSM sebagai Homebase pun kini berstatus tak layak pakai akibat minimnya pencahayaan.

Meski manajemen telah bergerak cepat melakukan perbaikan namun hal itu belum menuai hasil. Dalam beberapa hari terakhir, suporter PSM terus menyuarakan protes kepada PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Tak hanya melalui media sosial, aksi jalanan pun dilakukan oleh sejumlah kelompok suporter. Tuntutannya sama yakni meminta PSSI maupun PT LIB mengembalikan PSM berkandang di Matoangin.

Sebagai kota dengan potensi dan sejarah panjang sepakbola yang ada, Makassar jauh tertinggal dalam urusan infrastruktur. Nyaris hanya Matoangin satu-satunya Stadion yang ada di kota Angin Mammiri'.

Berbeda jauh dari kota-kota lainnya seperti Bandung bahkan kota-kota yang ada di Kalimantan. Pada tahun 2011, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memulai pembangunan Stadion Baru bertaraf Internasional yang berada di wilayah Barombong.

Hanya saja hingga tahun 2018 pembangunannya tak kunjung rampung. Pemprov Sulsel mendanai pembangunan Stadion tersebut memakai dana APBD dan berharap bantuan dari Pemerintah Pusat.

Kalimat tanya yang terus terlontar dari mulut suporter PSM, "Kapan Jadi Stadion Barombong" pun semakin menggema apalagi di momen terusirnya PSM dari Matoangin. Salah satu dedengkot Suporter PSM, Dg Uki, bahkan membuat pesan terbuka untuk Presiden Joko Widodo melalui akun Instagramnya.

Panglima Laskar Ayam Jantan (LAJ) itu meminta dengan sangat kepada Jokowi agar memberikan perhatian terkait dengan progres pembangunan Stadion Barombong.

"Mohon maaf Pak Jokowi, bisaki' ke Makassar dulu Pak, liat Stadion Barombong yang katanya bertaraf internasional tapi terbengkalai," tulis Dg Uki pada Caption sebuah foto dimana ia seolah mendorong lukisan Jokowi yang sedang bersepeda, Selasa (17/7).

Sementara itu pemain PSM, M Rahmat menyampaikan pesan khusus kepada suporter terkait dengan situasi yang dialami Skuad Ayam Jantan dari Timur saat ini.

"Buat teman-teman suporter tetap dukung kami dimana pun kami bermain, kami akan tetap memperlihatkan semangat siri' na pacce orang Makassar," katanya. (*)

Penulis: Alfian
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help