Home »

Lutra

Pegawai Humas Lutra Buat Aplikasi e-Agenda Sebagai Proyek Diklatpim

Abdul Hamid membuat aplikasi untuk menata jadwal pimpinan agar teratur dan tidak bertabrakan di satu waktu.

Pegawai Humas Lutra Buat Aplikasi e-Agenda Sebagai Proyek Diklatpim
desy arsyad/tribunlutra.com
Kasubag Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu Utara, Abdul Hamid 

Laporan Wartawan TribunLutra.com, Desy Arsyad

TRIBUNLUWU.COM, MASAMBA - Pegawai Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu Utara mencoba menggagas sebuah aplikasi berbasis daring ke dalam sebuah proyek perubahan yang diberi nama e-Agenda Pemda Kabupaten Luwu Utara.

Dia adalah Kasubag Protokoler, Abdul Hamid yang juga peserta Diklatpim IV Angkatan 313.

Igo sapaan akrab Abdul Hamid membuat aplikasi untuk menata jadwal pimpinan agar teratur dan tidak bertabrakan di satu waktu.

Dimana jadwal yang awalnya tersusun rapi terpaksa harus direvisi karena di saat bersamaan ada jadwal yang sama di kegiatan berbeda.

Alhasil, protokoler kadang terjebak dalam mengatur ulang jadwal pimpinan. Hal ini pula yang kemudian terus dicarikan solusi agar jadwal kegiatan yang melibatkan pimpinan, baik bupati, wakil bupati, dan sekretaris daerah bisa menjadi tertib, yang tentunya berimbas pada lancarnya sebuah kegiatan pemerintah daerah.

Baca: Telkomsel Luncurkan Aplikasi StarStudent

Baca: Keluhkan Jalan di Karondang Lutra, Warga Palopo: Kalau Melintas Badan Pegal

“Dalam rangka tertib pengaturan jadwal pimpinan, kami mencoba sebuah aplikasi berbasis daring yang kami beri nama e-Agenda Pemda Kabupaten Luwu Utara. Ini sebagai wujud transparansi publik terhadap kegiatan pemerintah daerah,” tutur Igo melaui rilis yang diterima tribunlutra.com, Rabu (18/7/2018).

Dia menambahkan, seluruh agenda pemda yang melibatkan pimpinan harus terkoordinasi dengan baik lewat sebuah persuratan yang ditujukan ke Sekda, Kabag Humas dan Protokol paling lambat satu minggu sebelum jadwal pelaksanaan.

“Kami sampaikan kepada Kepala Perangkat Daerah yang melaksanakan kegiatan yang melibatkan pimpinan, agar terlebih dahulu melakukan koordinasi melalui persuratan. Atas dasar surat itu, Humas dan Protokol akan mengkoordinasikan ke pimpinan. Jadwal yang disetujui pimpinan dapat diakses di e-agenda.luwuutarakab.go.id,” jelasnya.

Gagasan Igo ini mendapat respon positif dari Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

“Sehubungan dengan Proper yang digagas saudara Abdul Hamid selaku Kasubag Protokol yang sedang mengikuti Diklatpim IV, saya selaku bupati Luwu Utara menyatakan dukungan terhadap proyek perubahan e-Agenda Pemda Luwu Utara," tutur Indah.

"Dengan harapan bahwa semua agenda pemerintah akan diinformasikan kepada masyarakat sebagai wujud keterbukaan informasi publik atas aktivitas yang dilakukan pemeritah daerah,” lanjutnya.

Indah pun berharap proyek ini dapat direplikasi di tingkat yang lebih rendah seperti di pemerintah desa dan kecamatan, sampai kepada instansi-instansi terkait lainnya, termasuk instansi vertikal, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait semua aktivitas pemerintahan.

"Selamat untuk proyek perubahan e-Agenda Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara,” ujarnya.(*)

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help