Tampil Epik di Festival Felanesia, PSM Siap Arungi Liga 1 U-16

Di ajang tersebut, PSM U-16 meraih empat kali kemenangan, dan masing sekali hasil imbang dan kalah.

Tampil Epik di Festival Felanesia, PSM Siap Arungi Liga 1 U-16
abdiwan/tribuntimur.com
Ilsutrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim junior PSM Makassar U-16 tengah mempersiapkan diri rencana bergulirnya Kompetisi Liga 1 Indonesia U-19.

Persiapan matang pun telah dilakukan oleh Skuad Ramang Muda salah satunya modal awal usai tampil di ajang Festival Filanesia beberapa waktu lalu.

Di ajang tersebut, PSM U-16 meraih empat kali kemenangan, dan masing sekali hasil imbang dan kalah.

Ajang tersebut diikuti oleh tim junior peserta Liga 1 Indonesia yang tak hanya bertanding tapi mendapatkan materi melalui Coacing Clinik.

Sekretaris PSM, Widya Syadzwina, mengatakan bahwa hasil yang dicapai PSM U-16 adalah gambaran keseriusan PSM mengarungi kompetisi sebenarnya nanti.

Baca: Jadwal PSMS Medan vs PSM Makassar: Djanur Dipecat, PSMS Juga Terancam Kehilangan Bintang

Meski jadwal kompetisi belum ditentukan namun, ia mengatakan jika kesiapan pemain dan jajaran kepelatihan telah masuk skala prioritas di tahun ini.

"Mengenai kompetisi U-16 kami sudah tahu tapi tinggal menunggu kepastian waktunya. Tim melalui akademi yang dibentuk pastinya sangat siap," tuturnya.

PSSI berencana untuk menggulirkan kompetisi Liga 1 U-16 yang diikuti oleh 18 klub Liga 1 2018.

Ajang tersebut rencananya digelar pada September mendatang dengan sistem pembagian grup.

Dilansir dari laman resmi PSSI, sistem yang dipakai nanti akan dibagi ke dalam tiga grup dengan format kandang dan tandang. Kompetisi Liga 1 U-16 digelar untuk mencari pemain agar bisa memperkuat timnas U-16 dan U-19 Indonesia.

"Tahun ini baru tim Liga 1 yang diwajibkan ikut Liga 1 U-16, bisa saja tahun depan tim Liga 2 harus mengikuti. Intinya yang paling terpenting di Liga 1 U-16 ini setiap pemain dapat berlatih dan bertanding," kata Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, dari situs resmi federasi.

Baca: PSM U-16 Ikut Festival Filanesia 2018, Ini Lawannya

"Nanti di setiap grup ada enam tim yang bermain bukan sekali, tapi dua kali kandang dan dua kali tandang. Berarti mereka di setiap grup bisa bermain 20 kali dalam tiga bulan," ucap mantan pelatih Timnas Primavera tersebut.

Sebelumnya, PSSI sukses menggelar Festival Sepak Bola Filosofi Indonesia (Filanesia) yang diikuti 15 klub Liga 1 U-16 di National Youth Training Centre (NYTC), Sawangan, Bojong Sari, 10-15 Juli 2018.

Festival Filanesia digelar PSSI sebagai persiapan untuk menggelar Liga 1 U-16.

"Kompetisi dan pelatihan yang berkualitas akan menghasilkan pemain-pemain yang berkualitas. Inilah sebenarnya tujuan daripada elit pro akademi yang dibikin PSSI," kata Danurwindo.(ian)

Penulis: Alfian
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved