Home »

Barru

Hadiri Penamatan Santri ke-76 DDI Mangkoso Barru, TGB: Ini Sebagai Bentuk Silaturrahim

Di akhir orasinya, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berpesan, agar tali silaturrahim dapat dijaga dengan baik terhadap sesama.

Hadiri Penamatan Santri ke-76 DDI Mangkoso Barru, TGB: Ini Sebagai Bentuk Silaturrahim
TRIBUN TIMUR/AKBAR HS
TGB saat menyampaikan orasi ilmiah dalam acara penamatan santri ke-76 dan wisuda STAI DDI Mangkoso ke-28 di kampus III putri Bululampang. 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-azhar Cabang Indonesia, Tuan Guru Bajang (TGB)  H Zainul Majdi MA menghadiri acara penamatan santri ke-76 dan wisuda STAI DDI ke-28 yang dilaksakan di kampus III putri Bululampang, Kelurahan Wiringtasi, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/7/2018).

Dalam orasi ilmiahnya, TGB menyampaikan, bahwa kehadirannya di tengah-tengah keluarga besar  Darud Dawah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso, sangatlah dirasakan bahagia bisa bertemu jumpa.

"Saya hadir di Mangkoso ini sebagai bentuk silaturahim dalam memperkokoh bentuk kemanusiaan kita sesama pelanjut generasi bangsa dan pendahulu kita yang merupakan pendiri dari pesantren ini," kata TGB di hadapan ribuan santri dan keluarga tamu undangan.

TGB menegaskan, bangsa ini (Indonesia) dibangun atas dasar perjuangan yang dilandasi dengan ilmu agama.

Yakni perjuangan yang berdasar atas kitab suci-Nya (Allah), sehingga jelas dikatakan dalam Pancasila, di sila satu yang menyebut tentang ketuhanan yang maha esa.

"Sebagai manusia yang berkehidupan, tentu perjalanan hidup merupakan langkah proses menuju hasil yang baik, maka kalian para santri dan santriwati teruslah melangkah dan belajar dalam menempuh ilmu agama tersebut," ujarnya.

Di akhir orasinya, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) itu berpesan, agar tali silaturrahim dapat dijaga dengan baik terhadap sesama.

Menurutnya, tak ada gunanya cerdas, tak ada gunannya bertitle tinggi jika sebagai manusia tidak mempunyai sikap sosial.

Oleh karena itu, maka semaju-majunya manusia haruslah menjaga silaturahim antar sesama.

"Kita bersaudara, mencintailah karena kebaikan maka segalanya akan membawa manfaat yang lebih," tutur Alumni Al-azhar University itu.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Barru Suardi Saleh, beserta istrinya Hj Hasnah Syam, Ketua DPRD Barru  Nurhudaya Aksa, Rektor UIN Alauddin Makassar, Musafir Pababbari, Ketua PB DDI,  AGH Syamsul Bahri, Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso, AGH Faried Wajedy MA, para alumni Al-azhar serta seluruh pembina Ponpes DDI Mangkoso.

Sekedar diketahui, dalam acara penamatan santri ke-76 ini sebanyak 771 santri yang ditamatkan, yakni mulai pendidikan Raudhatul Athfal (RA) hingga Madrasah Aliyah Putra-putri.

Sedangkan wisudawan sebanyak 63 yang terdiri dari jurusan Tarbiyah 45 dan 18 dari Syari'ah. (*)

Penulis: Akbar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help