Kemenkes RI Hibahkan 72 Komputer dan Printer ke Puskesmas di Makassar

Beberapa puskesmas masih mengunakan sistem dengan data yang manual hingga menyebabkan human error lebih banyak.

Kemenkes RI Hibahkan 72 Komputer dan Printer ke Puskesmas di Makassar
HANDOVER
Tim leader Kemenkes RI, Isti Ratna Ningsi dan diterima langsung Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, di Kantor Dinas Kesehatan Makassar Jl Teduh Bersinar, Kamis (12/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dinas Kesehatan Kota Makassar menerima hibah barang teknologi informasi dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan RI.

Barang ini diserahkan langsung tim leader Kemenkes RI, Isti Ratna Ningsi dan diterima langsung Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, di Kantor Dinas Kesehatan Makassar Jl Teduh Bersinar, Kamis (12/7/2018).

"Kami dari tim Pusdatin dengan projek penguatan sistem kesehatan, kami coba mendukung tingkat pelayanan paling bawah seperti puskesmas dalam atas kelola data agar kualitas lebih baik," kata Tim Leader Kementerian Kesehatan RI, Isti Ratna Ningsi.

Isti menjelaskan, demi penguatan data informasi dan pelayanan kesehatan harus didukung dengan alat yang memadai, dengan sistem online dan terhubung langsung ke Kementerian Kesehatan.

Apalagi, menurutnya beberapa puskesmas masih mengunakan sistem dengan data yang manual hingga menyebabkan human error lebih banyak.

"Kita latihan studi banding puskesmas daerah lain, sudah mengimplementasikan sistem informasi ke puskesmas, kita sediakan komputer yang bisa digunakna tempat puskesmas sehingga kita bisa dapat data akurat, baik dan tepat waktu. Banyak puskesmas masih manual, kita butuh waktu, kualitas data dipertanyakan," jelasnya.

"Insyallah, SDM, peralatan dan beberapa kabupatan seperti Makassar sudah menuangkan dalam regulasi Perwali Makassar," lanjutnya. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved