Citizen Reporter

Mahasiswa UNM Ciptakan Robot Penangkap Teripang

The Cumber, bertujuan membantu nelayan dalam proses penangkapan taripang tanpa harus ke dasar laut

Mahasiswa UNM Ciptakan Robot Penangkap Teripang
Citizen Reporter
Mahasiswa Teknik UNM ciptakan The Cumber, Robot Penangkap Teripang 

Citizen Reporter, Maulana Maninnori Nawirma mahasiswa UNM melaporkan dari Makassar 

Robot untuk emnangkapteripang di dasar laut yang dirakittiga mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Jurusan Teknik Elektro, Prodi Pendidikan Teknik Informatika Komputer (PTIK) melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

 Maulana Maninnori Nawirma beserta dua aggota timnya, Andi AlpianA Mushar dan Sulhaeni dengan judul PKM “The Cumber, Robot Penangkap Teripang Guna Meminimalisir Korban Pada NelayanPenangkapTeripang” dengan bidangPKM Karsa Cipta.

The Cumber, bertujuan membantu nelayan dalam proses penangkapan taripang tanpa harus ke dasar laut, karena nelayan tradisional pencari teripang di beberapa wilayah di Indonesia masih menggunakan kompresor sebagai alternatif pengganti alat selam Scuba.

Proses penangkapan teripang dengan cara tradisional sangat beresiko bagi kesehatan nelayan.

Mulai dari timbulnya gejala mati rasa, kelumpuhan, hilang kesadaran, dan bahkan sampai kematian.

Maulana ketua program inimengatakan“kebanyakannelayanpencariteripang yang menderita kelumpuhan akibat menyelam dengan menggunakan kompresor sebagai alat selam.

'Melihat banyaknya korban dari tahun ketahun, saya beserta tim merakit sebuah Robot untuk membantu nelayan menangkap teripang di dasarLaut, dan di berinama Robot The cumber,” ujarnya.

 The Cumber, Robot penangkap teripang bekerja di dalam air yang menggunakan system Remotely Operated Vehicle (ROV)di mana bisa yang dikendalikan langsung oleh nelayan dari kapal nelayan dengan bantuan perangkat kendali (remote kontrol) dalam pengoperasiannya.

Terdapat pula kamera dansenter yang berfungsi untuk memonitoring atau melihat keadaan di bawah laut yang disambungkan langsung ke smartphone atau laptop.

 Rancangan Robot the cumber menggunakan system ROV yang dibangun dari beberapa komponen penting.

Yaitu : Arduino Mega 2560, Kontroler, kamera CCD, Senter LED, Koil / elektromagnetik, Driver Motor H-bridge MOSFET, Motor DC, Motor brushless, Electric Speed Control (ESC).

 Hinggasaatini Maulana dan rekannyasedangmelakukantahap uji coba. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help