Soal Perda Domisili Cakades Minimal Setahun, Dinas PMD Maros: Sudah Gugur

Jumadi mempertanyakan perda 2014 karena mengatur domisili mininal setahun untuk menjadi kades.

Soal Perda Domisili Cakades Minimal Setahun, Dinas PMD Maros: Sudah Gugur
ansar/tribun-timur.com
Kepala Bidang Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas PMD Maros, Muh Haris (kanan/kacamata) saat menghadiri RDP tidak rampungnya jembatan di Dusun Damma, Bontomatinggi, Tompobulu di kantor DPRD, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Kepala Bidang Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas PMD Maros, Muh Haris menanggapi protes bakal calon kepada desa (Cakades) Jenetaesa, Jumadi, terkait Perda yang mengatur domilisi calon.

Jumadi mempertanyakan perda 2014 karena mengatur domisili mininal setahun untuk menjadi kades. Padahal sudah ada putusan MK tahun 2015 yang menghapus syarat domisili setahun.

Menurut Haris, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi, Perda 2014 tidak mengikat lagi soal pencalonan Kades. Perda tersebut telah digugurkan oleh MK.

"Memang, Perda tidak berlaku lagi setelah putusan MK. Pak bupati telah mengeluarkan edaran yang tidak lagi membatasi pencalonan desa sesuai aturan Pilkades yang lalu," katanya, Selasa (10/7/2018).

Baca: Mantan Jurnalis Ini Maju Bertarung di Pilkades Jenetaesa Maros, Begini Alasannya

Baca: Kades Ajjakkang Barru Tersangka, Ini Kasusnya

Saat ini, meski ada warga luar jika ingin mencalonkan diri di suatu desa, hal tersebut dibolehkan dengan ketentuan telah memiliki KTP dan KK di desa tersebut. Meski keterangan terdaftarnya sebagai warga terbilang baru di desa itu. 

Jumadi sendiri pindah dari Desa Jenetaesa untuk tinggal bersama istri dan anak anaknya di Kelurahan Adatongeng, Kecamatan Turikale Maros sejak tahun 2012.

Namun pada Maret Tahun 2018, Jumadi kembali ke tanah kelahirannya di Jenetaesa dengan perubahan status domisili KTP ke desa tersebut.

Saat ini, mantan jurnalis tersebut menjadi salah satu bakal calon kepala desa yang diusung oleh sejumlah tokoh.(*)

Penulis: Ansar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved