Calon Kepala Desa Jenetaesa Maros Pertanyakan Perda 2014

Perda tersebut menyatakan calon kades harus berdomisili minimal setahun di desanya dan dibuktikan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.

Calon Kepala Desa Jenetaesa Maros Pertanyakan Perda 2014
handover
Salon kepala desa Jenetaesa, Simbang, Jumadi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - Bakal calon Kepala Desa Jenetaesa, Simbang, Maros, Jumadi mempertanyakan syarat pencalonan yang merujuk pada peraturan daerah Maros tahun 2014.

Pasalnya, Perda tersebut menyatakan, calon kades harus berdomisili minimal setahun di desanya, dibuktikan dengan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.

Tapi Pemkab harus menggugurkan Perda tentang domisili tersebut, karena sudah ada Undang-undang Cakades yang dilahirkan Mahkamah Konstitusi (MK).

ilustrasi
ilustrasi (net)

"Perda tahun 2014, memang masih mengatur domisili. Tapi ada putusan MK lahir di tahun 2015. Sehingga Pemkab harus mengacu pada aturan perundangan-undangan yang lebih tinggi," kata Jumadi, Selasa (10/7/2018).

Menurut mantan Jurnalis tersebut, berdasarkan aturan, Perda 2014 tidak lagi mengikat setelah putusan MK Nomor 12 /PUU - XIII/ 2015 yang telah mengabulkan gugatan Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (APDESI) dan para pihak penggugat lainya.

DOKUMEN - Bupati Maros melantik Kepala Desa se- Kabupaten Maros
DOKUMEN - Bupati Maros melantik Kepala Desa se- Kabupaten Maros (mute/tribun-timur.com)

Baca: Perluas Kepesertaan, BPJSKes Makasar Libatkan Kepala Desa

Jumadi sendiri pindah dari Desa Jenetaesa untuk tinggal bersama istri dan anak anaknya di Kelurahan Adatongeng, Kecamatan Turikale Maros sejak tahun 2012 lalu.

Namun pada Maret Tahun 2018, Jumadi kembali ke tanah kelahirannya di Jenetaesa dengan perubahan status domisili KTP ke desa tersebut.

Saat ini, mantan Jurnalis tersebut menjadi salah satu bakal calon kepala desa yang di usung oleh sejumlah tokoh. (*)

Penulis: Ansar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help