Muallim KMP Lestari: Kami Sudah Minta Penumpang Tak Lompat ke Laut

Hal tersebut dikemukakan Muallim I KMP Lestari Maju, Yuwono, saat ditemui Tribunselayar.com di Mapolres Selayar, Jumat (6/7/2018).

Muallim KMP Lestari: Kami Sudah Minta Penumpang Tak Lompat ke Laut
nurwahidah/tribunselayar.com
Muallim I KMP Lestari Maju, Yuwono 

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - KMP Lestari Maju melakukan lintasan dari Pelabuhan Bira menuju Pelabuhan Pamatata Selayar, Selasa (3/7/18) siang, dengan kondisi  cuaca stabil.

Hal tersebut dikemukakan Muallim I KMP Lestari Maju, Yuwono, saat ditemui Tribunselayar.com di Mapolres Selayar, Jumat (6/7/2018).

"Kondisi cuaca saat itu masih bisa berlayar. Kapal berlayar sekitar dua jam tetap stabil, perjalanan normal saat itu. Setelah dua jam berlayar, saya dipanggil sama nakhoda, disuruh memeriksa ke bawah karena kapal terasa miring perlahan-lahan," kata Yuwono.

"Saya langsung ke bawah, mengecek semua, termasuk muatan kapal semua posisinya baik. Ketika mau kembali ke atas, tiba-tiba kapal semakin miring. Nakhoda kemudia memerintahkan untuk memompa air, dan seluruh kru kapal melaksanakannya," jelas Yuwono.

Ternyata air laut masuk melalui jendela, terlalu besar, tidak memungkinkan untuk dipompa dan kapal semakin miring.

"Saya berlari ke atas, nakhoda perintahkan agar saya memberi arahan kepada seluruh penumpang untuk menggunakan pelampung dan mengarahkannya ke tempat yang aman," jelasnya.

Agar kapal tidak tenggelam, nakhoda mengubah arah ke kanan ke arah pantai dengan tujuan mengkandaskannya. 

Sebab jika sampai kapal tenggelam, maka resiko terhadap penumpang semakin besar.

"Saat kapal sudah kandas, kami memberi arahan kepada penumpang agar mencari tempat aman (di kapal). Beberapa penumpang, mungkin  tidak mendengar atau suasana sedang panik nekat terjun ke laut. Banyak penumpang selamat karena mendengar arahan kami untuk mencari tempat aman. Kondisi cuaca saat kapal dikandaskan sedang hujan disertai angin. Ombak sekitar dua sampai tiga meter," tutur Yuwono.

Saat ini, nakhoda, muallim, dan seluruh kru kapal termasuk pemilik KMP Lestari Maju sedang dalam pemeriksaan di Polres Selayar.

Penulis: Nurwahidah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved