Citizen Reporter

Hari Lahir MSI, Ini Harapan Perintis SM-3T untuk Para Alumni

Peringatan Hari Lahir Masyarakat SM-3T Institute (MSI) berlangsung sejak Kamis, 28 Juni 2018 hingga Sabtu, 30 Juni 2018 .

Hari Lahir MSI, Ini Harapan Perintis SM-3T untuk Para Alumni
Citizen Reporter
Masyarakat SM-3T Institute (MSI) 

Citizen Reporter, Sri Wahyuni (Alumni SM-3T)

Peringatan Hari Lahir Masyarakat SM-3T Institute (MSI) yang ke-3 berlangsung sejak Kamis, 28 Juni 2018 hingga Sabtu, 30 Juni 2018 . Kegiatan ini dilaksanakan di SD Inpres Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tema yang diusung pada peringatan kali ini adalah “Senantiasa Bersahabat, Teruslah bermaslahat”.

Diadakannya perayaan Hari Lahir MSI tidak hanya untuk memeriahkan hari jadinya saja, melainkan ada nilai-nilai yang ingin disampaikan, pun ada semangat yang harus terus dijaga, serta guna merefleksi kembali apa saja yang telah dilakukan selama 3 tahun hadirnya MSI untuk pendidikan anak Indonesia. Sehingga pada perayaannya, Harlah MSI ini dikolaborasikan dengan kegiatan Mengedukasi Anak Negeri.

Seperti nasehat Drs. Agus Susilohadi, M.Si., perintis SM-3T bahwa banyak orang dengan lantang meneriakkan masalah, tapi sedikit yang mengatasi masalah, alumni SM-3T jangan seperti itu. Dalam diri alumni SM-3T ada hak orang yang fakir ilmu untuk mendapatkan ilmu - ilmu itu, sebagaimana ada hak orang miskin dalam hartanya orang yang kaya. Para alumni SM-3T harus sadar itu bahwa ada ilmu di dalam diri anda yang menjadi hak orang lain.

 “Alumni SM-3T harus berbeda dengan yang lain, alumni SM-3T harus berhijrah dari zona masalah ke zona pemberi solusi seberapanpun yang kalian bisa berikan, teruslah mengabdi.” Tegas penggagas SM-3T itu.

Mengedukasi anak Negeri (MeAN) merupakan salah satu program yang rutin dilaksanakan oleh MSI di berbagai daerah terpencil Indonesia oleh basecare-basecare yang tersebar di berbagai kabupaten pula. Rangkaian kegiatan pada program MeAN kali ini diantaranyakelas literasi, pelatihan menari, pelatihan pembacaan puisi, pelatihan hasta karya, pembuatan Mading, pembuatan pojok baca, pembuatan pohon literasi, dan sarasehan literasi sekolah. Adapula workshop penulisan karya tulis ilmiah, Talkshow Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia,pameran foto dan video pengabdian di daerah 3T, kampanye Anti HIV / AIDS, Stop Bullying dan Deklarasi Penguatan Karakter, donasi buku pada Lumbung buku bagi harapan daerah 3T Indonesia.

Malam puncak peraayaan Harlah MSI yang ke-3 menampilkan hasil pelatihan pada siswa SD Inpres Pattalassang berupa tari kreasi Sulawesi Pa’rasangantadan tari Paduppa serta penampilan puisi oleh salah satu siswa terbaiknya. Ada pula produk yang dihasilkan dari kegiatan Mengedukasi Anaka Negeri (MeAN) berupa lampion berkedip dan jam dinding stik hasil dari pelathan hasta karya, serta adanya Mading, Pojok baca dan pohon cita-cita hasil karya siswa SD Inpres Pattalassang.

Harapan perintis SM-3T itukepada seluruh alumni SM-3T untuk menjadikan organisasi MSI ini sebagai wadah koordinasi, menambah pengalaman dan menumnuhkan rasa kekeluargaan sesama alumni SM-3T. beliau juga menekankan kepada seluruh alumni untuk merasa berkepentingan dengan organisasi MSI ini, lakukan kegiatan yang bermanfaat meskipun kecil, dan yang terakhir adalah kompak. Apabila 3 hal ini dilakukan, ia yakin MSI akan terus ada untuk menjawab permasalah – permasalahan di negeri ini. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help