Pemilu 2019

Partai Nasdem Bidik Kursi Ketua DPRD Sulsel

Diketahui sebanyak 1.360 tokoh Sulsel akan bertarung pada pileg 2019. Mereka memperebutkan 85 kursi DPRD Sulsel di 11 dapil.

Partai Nasdem Bidik Kursi Ketua DPRD Sulsel
handover
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo bersama Ketua DPW NasDem Sulsel, H Rusdi Masse (RMS) mendampingi Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh di acara Konsolidasi Partai NasDem Sulut di Hotel Sutan Raja, Manado, Rabu (21/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Abdul Aziz Alimuddin

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulsel tak ingin larut, terkait hasil Pilkada Serentak 2018. Mereka pun langsung bergerak membenahi persiapan kompetisi Pemilu Legislatif 2019.

Seperti yang dilakukan di Kantor DPW Nasdem Sulsel, Jl Botolempangan, Makassar, seluruh DPD Nasdem kabupaten dan kota mempresentasekan nama-nama bacalegnya yang siap diajukan, Sabtu (30/6).

Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse, Syaharuddin Alrif (sekretaris), Tendri Olle Yasin Limpo, Tobo Haeruddin, Muslim Salam, Rudianto Lallo, dan Pendi Bangadatu (masing-masing wakil ketua) hadir dalam rapat presentase bacaleg Nasdem.

“Hari ini perampungan bacaleg DPRD kabupaten/kota dan Sulsel. Paling lambat tanggal 2 Juni semua sudah harus rampung,” kata Jubir Nasdem Sulsel Muhammad Rajab, Sabtu (30/6/2018).

Menghadapi Pileg 2019, lanjut anggota DPRD Sulsel ini, Nasdem mempersiapkan bacaleg yang memiliki kriteria baik, yaitu mengenal dan dikenal di daerahnya, punya kompetensi dan memiliki persiapan finansial cukup.

“Kami selektif menerima pendaftaran. Target kami sangat besar. Menang di Pilcaleg 2019,” tegas Rajab.

Partai bentukan Surya Paloh mengontrol tujuh kursi DPRD Sulsel dan mengantongi 70 kursi di DPRD kabupaten/kota.

Diketahui sebanyak 1.360 tokoh Sulsel akan bertarung pada pileg 2019. Mereka memperebutkan 85 kursi DPRD Sulsel di 11 dapil.

Selain pemilihan anggota DPRD Sulsel, sebanyak 12.960 calon anggota DPRD kabupaten/kota di Sulsel juga bertarung. Mereka memperebutkan kursi legislatif di daerahnya masing-masing.

“Jumlah kursi dikali jumlah partai. Setiap parpol punya 85 bacaleg dikali 16 parpol, maka jumlah caleg bertarung memperebutkan 85 kursi DPRD Sulsel sebanyak 1.360 orang,” ungkap Kasubag Humas KPU Sulsel, Asrar Marlan.

“Angka 1.360 caleg itu berasal dari 11 dapil di 24 daerah di Sulsel. Setiap dapil berbeda-beda kouta calegnya, tapi secara keseluruhan koutanya 1.360. Misalnya kouta caleg di Dapil 10 Sulsel itu hanya 80 orang karena jumlah kursi yang akan diperebutkan cuma lima,” tambah Asrar.(*)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved