Tahun Ini, DPRD Enrekang bakal Tetapkan Tujuh Ranperda

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Enrekang mengagendakan pembahasan tujuh Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tahun 2018 ini.

Tahun Ini, DPRD Enrekang bakal Tetapkan Tujuh Ranperda
azis Albar
Ketua DPRD Enrekang, Disman Duma (kiri) dan Wakil Ketua 1 DPRD Enrekang, Arfan Renggong (kanan) 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Enrekang mengagendakan pembahasan tujuh Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tahun 2018 ini.

Tujuh Ranperda tersebut terdiri dari dua Ranperda inisiatif dari DPRD dan lima Ranperda usulan dari pihak pemerintah atau eksekutif.

Menurut Ketua DPRD Enrekang, Disman Duma, dua Ranperda inisiatif DPRD adalah Ranperda terkait perlindungan hak disabilitas dan Ranperda terkait perlindungan anak dan perempuan.

"Dua Ranperda itu merupakan usulan kita karena memang hal itu sangat urgent khususnya terkait perlindungan anak dan perempuan, karena kita ketahui saat ini Enrekang darurat kasus Asusila," kata Disman kepada TribunEnrekang.com, Jumat (29/6/2018).

Sementara lima Ranperda usulan dari eksekutif adalah Ranperda Pembangunan pusat indutri Kabupaten Enrekang dan Ranperda Penyelenggaraan kearsipan kabupaten Enrejang.

Selain itu ada pula Ranperda Rencana Retail tata ruang Enrekang, Ranperda Revisi retribusi jasa usaha dan Retribusi perizinan tertentu.

"Dua Ranperda lain yakni pembangunan induatri dan penyelenggaraan kearsipan sedang kita bahas saat ini, palaing lambat Agustus sudah selesai," ujar Disman.

Sementara Wakil Ketua 1 DPRD Enrekang, Arfan Renggong mengatakan untuk masa pembahasan hingga penetapan Ranperda membutuhkan waktu maksimal dua bulan.

Meski begitu, Ia optimis dapat menyelesaikan pembahasan ketujuh Ranperda tersebut hingga akhir tahun 2018.

"InshaAllah kita akan maksimalkan pembahasan tujuh Ranperda ini, tahun lalu saja ada 10 Ranperda yang diagendakan dan berhasil kita selesaikan," tuturnya.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved