36 Pasangan Berhasil Jalani Bayi Tabung di Klinik Morula IVF, Ada Usia 43 Tahun

Infertilitas adalah kegagalan sepasang suami istri untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual secara teratu

36 Pasangan Berhasil Jalani Bayi Tabung di Klinik Morula IVF, Ada Usia 43 Tahun
abdiwan/tribuntimur.com
Bayi dengan bantuan teknologi reproduksi Morula IVF Makassar lahir di Rumah Sakit Awal Bros Makassar, Jumat (18/5/18). 

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR -Infertilitas adalah kegagalan sepasang suami istri untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi selama satu hingga dua tahun.

Infertilitas merupakan permasalahan yang sangat kompleks di bidang kesehatan reproduksi. Angka kejadian infertilitas dialami oleh satu dari sembilan pasangan usia subur.

Menurut penelitian, sekitar 40 hingga 50 persen infertilitas disebabkan oleh faktor istri, 25 hingga 40 persen dari faktor suami, 10 persen keduanya dan 10 persen tidak diketahui sebabnya.

Faktor perempuan disebabkan oleh gangguan ovulasi (pelepasan telur), endometriosis (tumbuhnya lapisan dalam rahim di luar rahim) dan oklusi tuba fallopii (penyumbatan saluran telur) merupakan penyebab utama faktor perempuan.

Sedangkan faktor pria antara lain berkurangnya jumlah produksi sperma, sumbatan pada sistem pengeluaran sperma, terbentuknya antibodi terhadap sperma, kerusakan pada testis (buah zakar), dan gangguan hormonal.

Dokter Spesialis Kandungan, Prof Dr dr Nusratuddin Abdullah SpOG (K) MARS mengatakan, pasangan infertil sebaiknya segera mencari pengobatan karena usia perempuan sangat berpengaruh.

Usia perempuan dengan kualitas sel telur paling baik ialah di bawah 35 tahun, meski demikian perempuan dengan usia di atas 35 tahun tetap memiliki peluang untuk hamil dan memiliki keturunan.

"Semakin tua semakin berkurang jumlah sel telurnya dan kualitasnya juga semakin menurun sehingga semakin sulit untuk hamil. Makanya dianjurkan mencari pengobatan lebih cepat," kata dokter yang bertugas di Klinik Morula IVF Makassar tersebut, Sabtu (23/6/2018).

Prof Nusratuddin mengungkap di Klinik Morula Makassar ada pasien berumur 43 tahun yang berhasil mendapatkan kehamilan. Pasien tersebut tercatat sebagai pasien tertua hingga saat ini.

"Program bayi tabung merupakan solusi terakhir bagi pasangan infertil. Disini kami berikan solusi sesuai kebutuhan pasien yang dimulai dengan konsumsi obat untuk merangsang sel telur hingga inseminasi," ungkap Prof Nusratiddin.

Saat ini tercatat sudah ada 36 pasangan yang berhasil mendapatkan kehamilan setelah konsultasi dan berobat di Klinik Morula IVF Makassar dan sudah tiga bayi yang lahir sejak beroperasi Agustus tahun lalu.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved