Pilkada Sinjai

Pilkada Sinjai - Aktivis Sinjai Minta Himteskes Tetap Independen

Olehnya itu dia meminta pemerintah daerah dapat bertindak tegas dan menertibkan

Pilkada Sinjai - Aktivis Sinjai Minta Himteskes Tetap Independen
handover
Aktivis Bulukamase Sinjai, Jusman 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Salah seorang aktivis di Sinjai bernama Jusman meminta Himpunan Tenaga Sukarela Kesehatan (Himteskes) untuk tetap menjaga independensinya sebagai lembaga profesi dibawah Dinas Kesehatan Sinjai.

Dia mengatakan hal tersebut setelah Jusman menduga ada kegiatan politik yang dilakukan pengurus Himteskes dengan salah satu pasangan calon bupati di Sinjai.

"Ada indikasi penggiringan oleh salah satu paslon kandidat Pilkada, pada saat buka puasa beberapa waktu lalu di Sinjai Timur dengan melibatkan Himteskes," kata Jusman, Rabu (13/6/2018).

Indikasi tersebut mulai dari adanya pendataan ke masyarakat untuk mendukung salah satu Paslon dengan melibatkan pengurus lembaga Himteskes, hingga adanya dugaan money politik saat acara buka puasa berlangsung.

Olehnya itu dia meminta pemerintah daerah dapat bertindak tegas dan menertibkan lembaga Himteskes yang dianggap dapat mencederai pesta demokrasi di Kabupaten Sinjai.

Selain itu, Dia juga mendesak Dinas Kesehatan untuk menjaga indepensinya sebagai bagian dari Instansi pemerintah daerah Kabupaten Sinjai.

"Kami berharap instansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk mengklarifkasi hal ini, jangan sampai menjadi polemik dan menjadi bola panas di masyarakat," harap Jusman.

Terpisah Ketua Himteskes Muh Tohir membantah pernyataan pak Jusman bahwa Himteskes adalah lembaga terstruktur yang di buat lingkup Dinas Kesehatan untuk berpihak ke salah satu calon.

Menurutnya dugaan tersebut adalah hal yang keliru karena kegiatan buka puasa bersama yang diadakan di Sinjai Timur itu adalah salah satu bentuk kepedulian anggota Himteskes kepada
masyarakat yang tidak diintimidasi oleh pihak manapun termasuk dari Dinas Kesehatan tapi murni dari pengurus Himteskes," kata Moh Tohir.

Mereka mengatakan bahwa tidak pernah turun mendata masyarakat apalagi terlibat money politik.

"Dimana kami mau ambil uang sedangkan gaji saja tidak ada, dan adapun bantuan yang kami berikan adalah ala kadarnya hasil patungan dari teman-teman anggota Himteskes, dan Perlu diketahui bahwa Himteskes lahir atas dasar persamaan nasib teman-teman sukarela tenaga kesehatan yg selama lima tahun terakhir tidak pernah di lirik oleh pemerintah," jelasnya. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help