Mudik Lebaran 2018

H-2 Lebaran, UPT UPT Pelabuhan Bira Pastikan Bakal Tambah Pelayaran

Hal tersebut disampaikan Kepala Pos Pelabuhan Bira, Andi Abidin, kepada TribunBulukumba.com, Rabu (13/6/2018).

H-2 Lebaran, UPT UPT Pelabuhan Bira Pastikan Bakal Tambah Pelayaran
firki
Suasana Pelabuhan Penyeberangan Bira, pada H-3 lebaran, Rabu (13/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, BONTOBAHARI - Pihak UPT Pelabuhan Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, di Bira, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, memastikan bakal menambah pelayaran untuk penyeberangan dari Pelabuhan Bira menuju Selayar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pos Pelabuhan Bira, Andi Abidin, kepada TribunBulukumba.com, Rabu (13/6/2018).

Lonjakan penumpang pada H-3 lebaran ini, membuat pihak pelabuhan harus menambah trip agar dapat memuat seluruh pemudik.

Dari pantauan TribunBulukumba.com, beberapa kendaraan roda dua maupun roda empat sudah mengantre di pelabuhan untuk menunggu jadwal keberangkatan.

Dari data UPT Pelabuhan Bira, tercatat jumlah kendaraan roda empat saat ini sudah mencapai 200 kendaraan, sementara roda dua mencapai angka 500.

"Memang hari ini diprediksi menjadi puncak pemudik untuk tujuan Selayar. Dan hari ini, kita tambah jadi empat trip," ujarnya.

Jika hari normal, pelabuhan penyeberangan Bira hanya melakukan dua kali trip sehari, yakni jam 8.00 Wita dan 17.00 Wita.

Namun, untuk mudik lebaran tahun ini, pihak pelabuhan menambah trip menjadi empat, yakni keberangkatan pukul 08.00 Wita, 12.00 Wita, 17.00 Wita, dan 18.00 Wita.

Abidin menjelaskan, libur panjang tahun ini berdampak pada jumlah pemudik. Pasalnya, keberangkatan penyeberangan tidak melonjak signifikan.

"Libur tahun ini, pemudik berangsur-angsur. Mungkin karena liburnya panjang. Jadi ada yang sudah jauh-jauh hari sebelumnya," tambahnya.

Sementara untuk opsi penambahan kapal penumpang, hal tersebut kata Abidin, tidak digunakan. Pasalnya, kapal reguler bisa menampung seluruh jumlah pemudik.

Sekadar diketahui, tiga kapal reguler yang memuat penumpang tujuan Bira-Selayar maupun sebaliknya, yakni KM Tunu Pratama Jaya 2888, KM Bontoharu dan KM Lestari Maju. (*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help