CWS Kaji Adaptasi Perubahan Iklim di Tana Toraja

Bertujuan memperkuat kapasitas teknis komunitas lembang dan staff Pemda Tana Toraj terkait fasilitasi dan advokasi perubahan iklim.

CWS Kaji Adaptasi Perubahan Iklim di Tana Toraja
handover
Church World Service (CWS) yang didukung Act for Peace Australia menyelenggarakan bimtek fasilitator dan survey adaptasi perubahan iklim di Tana Toraja. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKALE - Church World Service (CWS) yang didukung Act for Peace Australia menyelenggarakan bimtek fasilitator dan survey adaptasi perubahan iklim di Tana Toraja.

Kegiatan survey ini melibatkan 30 orang perwakilan komunitas dan staff pemda dan dilaksanakan selama 5 hari, 8-13 Juni 2018, di Puri Artha Makale, Tana Toraja.

Manager Program CWS, Harun Tambing menyebutkan kegiatan ini bertujuan memperkuat kapasitas teknis komunitas lembang dan staff Pemda Tana Toraj terkait fasilitasi dan advokasi perubahan iklim.

"Saat ini iklim mulai berubah, masyarakat dan pemda perlu beradaptasi terhadap perubahan iklim dengan menyesuaikan kegiatan sesuai dengan kondisi aktual yang terjadi," kata Harun dalam rilis.

CWS bersama OPD terkait lingkungan hidup dan sosial setelah bimtek dua hari, kemudian fasilitator yang dilatih kemudian lanjut selama 3 hari, memfasilitasi survey adaptasi di tingkat masyarakat pada 5 Lembang Bau, Pondingau, Belau utara, Burasia dan Rano.

"Hasil Survey nantinya dapat menjadi acuan lembang untuk menyesuaikan mata pencahariannya dengan kondisi iklim serta bakal jadi rencana aksi daerah dukungan penganggaran adaptasi perubahan iklim," beber Harun Tambing. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved