Baznas Makassar Salurkan Zakat Fitrah PDAM ke 586 Kepala Keluarga

Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar mulai melakukan penyaluran zakat fitrah di pekan akhir Ramadan tahun 2018 ini.

Baznas Makassar Salurkan Zakat Fitrah PDAM ke 586 Kepala Keluarga
HANDOVER
Baznas Makassar menyalurkan zakat fitrah yang terkumpul dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar mulai melakukan penyaluran zakat fitrah di pekan akhir Ramadan tahun 2018 ini. Untuk tahapan pertama, Baznas Makassar menyalurkan zakat fitrah yang terkumpul dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar.

Ketua Baznas Makassar, Anis Zakaria Kama, mengatakan total zakat fitrah yang diserahkan PDAM Makassar dari keseluruhan Pegawainya sebanyak Rp 104 Juta. Jumlah zakat yang dikumpulkan ini kemudiam disalurkan ke masyarakat di sejumlah titik.

Yakni di Mesjid Babut Taqwa Jl Dahlia Kecamatan Mariso, Mesjid Ilham Jl M Yamin Kecamatan Makassar, dan Mesjid Jamiatul Khaer Jl Malengkeri Raya Kecamatan Tamalate. Penyaluran yang dilakukan dalam beberapa hari itupun akhirnya bisa terbagi ke 586 Kepala Keluarga yang berhak menerima.

"Khusus Zakat dari PDAM kita sudah salurkan ke 586 Mustahik, dan sebelum-sebelumnya penyaluran zakat lain di luar zakat fitrah juga telah kita lakukan selama bulan Ramadan ini," ujar Anis Zakaria Kama, Rabu (13/6/2018).

Salah satu contoh Baznas Makassar menyalurkan bantuan kepada 160 orang penyandang disabilitas di Kantor Baznas Makassar, Jalan Teduh Bersinar, Senin (11/6). Bantuan tersebut merupakan hasil dari zakat yang dikumpulkan Baznas dari masyarakat.

“Kita berharap, kebutuhan lebaran penyandang disabilitas ini dapat terpenuhi, mereka memang salah satu prioritas kami di Baznas,” kata Anis sapaan akrab Anis Zakaria.

Selain menyalurkan zakat ke penyandang disabilitas, Baznas juga menyalurkan zakat kepada 380 fakir miskin, 50 orang muallaf, dan 300 anak yatim.

Sedangkan untuk keseluruhan penyaluran Zakat Fitrah yang ada di Makassar mayoritas berpusat di Unit Penerima Zakat (UPZ) yang berada di mesjid-mesjid.

"Saat ini kami belum tahu total keseluruham tapi penerimaan dan penyalurannua sudah berjalan, nanti setelah lebaran laporannya masuk ke Baznas," tutupnya.

Penulis: Alfian
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help