Idulfitri 1439 H

Tahanan Rutan Gunung Sari Makassar Siap Ikuti Festival Bedug dan Gema Takbir

Rutan Gunung Sari Kelas 1 Makassar akan mengadakan festival lomba tabuh bedug dan gema takbir pada malam takbiran

Tahanan Rutan Gunung Sari Makassar Siap Ikuti Festival Bedug dan Gema Takbir
hasan/tribuntimur.com
Lomba Azan di Rutan Gunungsari Makassar 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rumah Tahanan (Rutan) Gunung Sari Kelas 1 Makassar akan mengadakan festival lomba tabuh bedug dan gema takbir pada malam takbiran lebaran Idulftiri 1437 Hijriah.

Pesertanya adalah para warga binaan yang sedang menjalani penahanan, baik yang sudah bestatus terpidana maupun sementara berproses di meja persidangan.

"Dari warga binaan. 12 orang setiap blok dari sembilan blok yang ada," kata Humas Rutan Gunung Sari Makassar, Andi Zulkifli Rismal kepada Tribun.

Menurut Zulkifli festival bedug dan gema takbir merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada malam takbiran. Tujuanya untuk menyemarakkan Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriah yang tidak lama lagi tiba.

"Untuk menyemarakkan malam takbiran daripada letusan petasan mendingan kita tabuh bedug," ujarnya.

Selama ramadan pihak Rutan juga telah memberikan berbagai kegiatan keagamaan kepada warga binaan. Seperti pembacaan tadarus Alquran.

Tadarus dilaksanakan di Masjid mulai pagi hingga siang. Setiap hari, para tahanan diwajibkan membaca satu juz Alquran.

Lalu pada sore hari mereka buka bersama. Sementara malam hari narapidana itu secara rutin belajar membaca Al Quran bersama-sama sama.

Khusus untuk belajar ilmu tahsin ini, petugas lapas tidak mendatangkan ustadz atau guru mengaji dari luar. Sebab beberapa narapidana cukup pandai membaca Al Quran.

Tak hanya itu, pada Ramadan ini khusus untuk tahanan perempuan mendapat kegiatan tambahan, berupa belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris. (San)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved