KPU Enrekang Ingatkan KPPS Tak Curang

Dalam Bimtek itu juga pihaknya memberikan materi tentang ketentuan pidana dalam pemilihan kepada KPPS.

KPU Enrekang Ingatkan KPPS Tak Curang
HANDOVER
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan perhitungan suara pada Pilkada 2018 di SMA Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang. 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemungutan dan perhitungan suara pada Pilkada 2018 di SMA Muhammadiyah Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang.

Bimtek tersebut diikuti oleh 336 orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tersebar di 48 TPS se-Kecamatan Alla.

Dalam Bimtek tersebut para KPPS diberikan empat materi yaitu pemungutan dan penghitungan suara dan catatan penting formulir penghitungan suara dalam pemilihan serentak tahun 2018.

Selain itu, ada pula materi mengenal kententuan pidana untuk mencegah korupsi dalam pemilihan serta tugas dan jenis logistic yang akan di terima KPPS serta simulasi pengisian formulir.

Menurut Komisioner KPU Enrekang divisi teknis, Rahmawati Karim, tujuan Bimtek tersebut dilakukan agar para KPPS bisa lebih memahami dan mengetahui tugas dan fungsinya dalam pemilihan nantinya.

"Kita ingin agar para KPPS di setiap TPS bisa tau betul apa yang akan dilakukannya saat pencoblosam nanti agar kegiatan bisa berjalan lancar," kata Rahmawati kepada TribunEnrekang.com, Selasa (12/5/2018).

Ia menjelaskan, dalam Bimtek itu juga pihaknya memberikan materi tentang ketentuan pidana dalam pemilihan kepada KPPS.

Hal itu dimaksudkan agar KPPS dapat mengetahui dampak dan bahaya yang ditimbulkan jika berbuat curang dalam penyelenggaraan Pilkada.

"Kita ingatkan mereka untuk jaga integritasnya dan tak mau diintimidasi dalam penyelenggaraan Pilkada, karena jika terbukti curang maka sangsinya bukan administrasi saja tapi juga bisa dipidana," ujarnya.

Ia menambahkan, selain kecamatan Alla sejumlah KPPS di seluruh Kecamatan juga akan mendapatkan Bimtek yang sama secara bergiliran.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help