Komunitas Bahasa Konjo Akan Ngumpul di Makassar

Panitia kegiatan, Andi Abadi Sommeng, mengatakan, halal bi halal di Hotel Denpasar, Jl Boulevard, Makassar, Selasa (26/6)

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ratusan penutur bahasa Konjo (bahasa lokal Makassar Konjo di Bulukumba bagian timur) akan berkumpul di Makassar. Baik yang bermukim di Makassar dan sekitarnya, maupun dari luar Sulawesi Selatan.

Momen lebaran tahun ini digunakan untuk kumpul bersama dalam kemasan Halal Bi Halal.

Selain dari Makassar dan sekitarnya, beberapa di antaranya juga ada datang dari kota lain di luar Sulsel, seperti Palu, Manado, Gorontalo, bahkan dari Pulau Jawa.

Panitia kegiatan, Andi Abadi Sommeng, mengatakan, halal bi halal akan dilaksanakan di Hotel Denpasar, Jl Boulevard, Makassar, Selasa (26/6/2018), pukul 19.00 Wita.

Melalui kegiatan ini diharapkan ikatan kekerabatan di antara sesama penutur bahasa Konjo di perantauan tetap terjaga.

Cukup banyak to Konjo (to Konjo mengacu pada penutur bahasa Makassar Konjo yang digunakan masyarakat yang umumya bermukim di Bulukumba bagian timur) seperti di Kecamatan Bontobahari, Bontotiro, Herlang, Kajang, dan beberapa desa  lain di luar empat kecamatan tersebut.

Cukup banyak to Konjo yang bermukim di Makassar dan sekitarnya, namun jarang bisa ketemu bersama karena kesibukan masing-masing.

Untuk menjalin silaturahmi di antara sesama penutur bahasa Konjo, beberapa waktu lalu, dibuat grup di media sosial, WhatsApp.

Hingga saat ini, komunitas tersebut sudah beranggotakan 200-an orang. Mereka bekerja di beragam profesi.

Masih banyak yang belum terdaftar sebagai anggota. Melalui pertemuan tersebut, diharapkan, sesama To Konjo di perantauan bisa saling berbagi.

Halaman
12
Penulis: Insan Ikhlas Djalil
Editor: Insan Ikhlas Djalil
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved