Ini Tips Kapolda Sulsel Agar Rumah Aman saat Mudik Lebaran

Kapolda membagikan beberapa tips agar rumah anda aman dari aksi pencurian sebelum meninggalkan rumah untuk mudik.

Ini Tips Kapolda Sulsel Agar Rumah Aman saat Mudik Lebaran
darul amri
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Ijen Pol Umar Septono 

Laporan wartawan Tribun Timur Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Irjen Polisi Umar Septono mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap pencurian. Rumah kosong kerap menjadi sasaran bagi pelaku aksi kejahatan.

Oleh karena itu, Kapolda membagikan beberapa tips agar rumah anda aman dari aksi pencurian sebelum meninggalkan rumah untuk mudik.

Pertama, kunci semua pintu dan jendela. Bila perlu pasang kunci rangkap pada bagian yang kerap menjadi incaran pelaku.

Seperti lemari, kamar, pintu belakang. Jangan meninggalkan kunci penting, misalnya kunci motor, mobil, dan lemari di rumah.

Baca: Pamatwil Polda Sulsel Cek Kesiapan Pengamanan Operasi Ketupat Polres Bulukumba

Kedua, amankan barang berharga. Jangan menyimpan barang berharga di lemari. Sebaiknya dititip pada jasa penitipan. Untuk motor dapat dititip ke Kantor Polisi terdekat.

Ketiga, koordinasi dengan RT /RW. Sebelum meninggalkan rumah sebaiknya laporkan kepergian anda ke RT/RW setempat atau tetangga. Jangan lupa titipkan nomor telepon.

Keempat, matikan semua perangkat eletronik yang tidak diperlukan, cabut kabel dari stop kontak. Jangan lupa cabut selang regulator gas.

Kelima, pasang lampu otomatis yang telah dilengkapi rangkaian elektronik yang mampu mendeteksi cahaya terang dan gelap. (San)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help