Jelang Lebaran, GP Ansor Mamuju Imbau Warga Tetap Jaga Keamanan

GP Ansor juga akan tetap ikut memantau situasi keamanan pelaksanaan hari raya tahun ini.

Jelang Lebaran, GP Ansor Mamuju Imbau Warga Tetap Jaga Keamanan
handover
Sekretaris GP Ansor Mamuju, Ashari Rauf 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Mamuju mengimbau seluruh elemen pemuda dan masyarakat agar tetap ikut mengawal situasi keamanan (Sitkam) jelang Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah.

"Kami mengimbau dan mengajak semua elemen masyarakat, utamanya pemuda di Kabupaten Mamuju agar ikut mengawal pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 2018 ini," kata Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Mamuju, Ashari Rauf kepada TribunSulbar.com, Senin (11/6/2018).

Menurutnya, dengan kondusivitas dan situasi yang aman jelang dan pelaksanaan perayaan Idulfitri ini dapat membuat ibadah berlangsung khidmat.

"Olehnya kita juga mengimbau kepada seluruh elemen bangsa mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas termasuk para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat agar mengawal pelaksanaan ibadah dan perayaan Idulfitri ini tetap kondusif," tuturnya.

Begitupun saat mudik, kata Ashari, warga tetap berhati-hati dan waspada agar terus menjaga kemungkinan-kemungkinan adanya kejahatan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Saat mudik tetap waspada dari adanya oknum yang ingin berbuat jahat. Begitupun saat ingin meninggalkan rumah, harus dipastikan keamanannya," ujarnya.

"Periksa rumah sebelum ditinggal dalam keadaan kosong seperti pintu, jendela, kompor, alat listrik, dan sebagainya. Saat ingin berkendara tetap taat rambu-ramb lalu lintas dan kelengkapan berlendara," lanjutnya.

Sekretaris Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulbar ini juga meminta kepada pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mamuju agar tetap mensosialisasikan kepada para Dai dan penyuluh agama untuk senantiasa memberikan ceramah yang menyejukkan di tengah masyarakat di sisa Ramadan ini.

"Ini penting agar para pendakwah tetap menyejukkan saat berdakwah di akhir-akhir Ramadan. Kita menghindari provokasi dan juga tujuan kepentingan politik tertentu, karena sekarang juga jelang momentum pemilu," katanya.

GP Ansor juga akan tetap ikut memantau situasi keamanan pelaksanaan hari raya tahun ini. Hal itu dilakukan untuk memastikan kelancaran hari raya, sekaligus membantu aparat TNI-Polri dan Pemerintah setempat.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help