Home »

Gowa

Andi Maddusila Wafat, Singgasana Raja Gowa ke-37 Diduduki Andi Kumala Idjo

Raja Gowa tidak bisa meninggalkan kerajaan atau rumah duka sebelum ada penggantinya.

Andi Maddusila Wafat, Singgasana Raja Gowa ke-37 Diduduki Andi Kumala Idjo
handover
Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI, melayat ke Almarhum Raja Gowa ke-37, Andi Maddusila Andi Ijo, di Balla Lompoa, Kabupaten Gowa, Senin (11/6/2018) siang. Saat Deng Ical tiba, ratusan pelayat mulai dari keluarga, sahabat dan kerabat lainnya telah berdatangan memadati rumah adat kerajaan Gowa tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA - Setelah meninggalnya Andi Maddusila Patta Nyonri, posisi Raja Gowa ke 37 akhirnya digantikan adiknya Andi Kumala Idjo dengan gelar Karaeng Lembang Parang.

Pergantian Kumala Idjo itu diumumkan oleh Dewan Adat Kerajaan Gowa Andi Makmum Bau Tayang usai proses pemandian jenazah Andi Maddusila di Balla Lompoa.

Andi Bau Tayang mengatakan, tugas-tugas kerajaan Gowa selanjutnya akan dilanjutkan oleh Andi Kumala Idjo.

"Setelah meninggalnya Andi Maddusila Andi Idjo, maka ditunjuk sementara Andi Kumala Idjo untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Raja Gowa. Ketetapan Raja Gowa yang tetap akan dibahas lengkap dengan dewan adat lainnya," ujarnya di hadapan keluarga Kerajaan Gowa.

Baca: Raja Gowa Andi Maddusila Meninggal, Nurdin Abdullah Tinggalkan Lokasi Kampanye

Perangkat Kerajaan Gowa Andi Masualle Patta Ago menjelaskan, Raja Gowa tidak bisa meninggalkan kerajaan atau rumah duka sebelum ada penggantinya.

"Seorang raja yang meninggal tidak bisa meninggalkan tempat atau rumah duka sebelum ada penggantinya. Itu sesuai adat Gowa. Jadi yang menggantikan itu Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang," ujarnya.

Usai pengumuman pergantian posisi itu, jenazah Andi Maddusila kemudian diantar keluar Balla Lompoa.

Tampak pula Raja Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Lampung SPDB Pangeran Edward Syah Pernong juga ikut mengantar jenazahnya.

Setelah keluar dari Balla Lompoa, jenazah diangkut keluarganya dikawal tubbarania dengan payung kerajaan.

Halaman
12
Penulis: Waode Nurmin
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help