Index Indonesia: Publik Yakin NH-Aziz Bisa Bawa Sulsel Lebih Baik

NH-Aziz berhasil memimpin lantaran faktor rasional dan faktor emosional/sosiologisnya bekerja untuk menghimpun dukungan.

Index Indonesia: Publik Yakin NH-Aziz Bisa Bawa Sulsel Lebih Baik
HANDOVER
Survei lembaga riset independen Index Indonesia 

TRIBUN-TIMUR.COM MAKASSAR - Elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) unggul signifikan pada hasil survei lembaga riset independen Index Indonesia yang dilansir Kamis lalu.

Pasangan nasionalis-religius menghimpun 30,1 %, paling tinggi dibandingkan tiga pesaingnya pada hasil survei periode Mei 2018 yang melibatkan 11.200 responden.

Elektabilitas NH-Aziz bahkan unggul 6,7 persen dibandingkan elektabilitas Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) sebesar 23,4 persen pada urutan kedua.

Selanjutnya, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) 18,9 persen dan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (AAN-TBL) 5,1 persen. Sisanya, sebesar 22,5 persen responden menjawab rahasia/tidak tahu.

Baca: Ada Program Pelayanan Kesehatan Gratis Berbasis KTP, Warga Takalar Sulit Berpaling dari NH-Aziz

Direktur Eksekutif Index Indonesia, A Agung Prihatna, menjelaskan elektabilitas empat kandidat sejatinya bergerak positif.

Tapi, NH-Aziz berhasil memimpin lantaran faktor rasional dan faktor emosional/sosiologisnya bekerja untuk menghimpun dukungan.

Bahkan, banyak variabel pendorong elektabilitas NH-Aziz.

Berbeda dengan kandidat lain yang lebih menonjolkan satu faktor saja.

Agung mencontohkan pada faktor rasional, terdapat tiga variabel pendorong elektabilitas NH-Aziz yang tidak begitu dominan dimiliki oleh kandidat lain.

Pertama, visi dan program pasangan yang diusung Golkar, NasDem, Hanura, PKB dan PKPI dianggap paling bisa diterima oleh masyarakat. Dalam pesta demokrasi ini, NH-Aziz dinilai berhasil menjual programnya.

Halaman
12
Penulis: Abdul Azis
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help