Gempa Susulan di Mamuju Terjadi Pagi Ini, Terasa hingga Majene

Sebelumnya, Jumat (8/6/2018) malam sekitar pukul 21:08:10 Wita, gempa bumi tektonik juga mengguncang daerah Mamuju

Gempa Susulan di Mamuju Terjadi Pagi Ini, Terasa hingga Majene
HANDOVER
Gempa bumi mengguncang wilayah Mamuju, Sulawesi Barat dengan skala 4.6 skala richter, Jumat (08/06/2018) sekitar pukul 21:08:10 Wita. 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Gempa bumi tektonik kembali guncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat dan sekitarnya, Sabtu (9/6/2018) pagi sekitar Pukul 05.30 Wita.

Getaran gempa tersebut dirasakan oleh masyarakat hingga ke daerah Kabupaten Majene. Namun, belum ada laporan resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait kekuatan dan pusat gempa.

Sebelumnya, Jumat (8/6/2018) malam sekitar pukul 21:08:10 Wita, gempa bumi tektonik juga mengguncang daerah Mamuju dan sekitarnya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan M = 4.6 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di darat, 18 Km Barat laut Mamasa-Sulbar pada koordinat 2,81 LS – 119.19 BT pada kedalaman 10 km.

Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini terjadi diperkirakan akibat aktivitas Sesar Mamuju.

Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II - III MMI di Mamuju dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar. Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (I SIG BMKG / II-III MMI) di Mamuju.

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempa bumi diimbau tetap tenang dan tetap menunggu informasi dari BMKG.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help