Tolak Rencana Gubernur Sulbar, Warga Majene Tutup Jalan Trans Sulawesi

Unjuk rasa tersebut, berlangsung sejak Pukul 14.00 Wita. Massa aksi berasal dari Kecamatan Malunda dan Kecamatam Ulumanda.

Tolak Rencana Gubernur Sulbar, Warga Majene Tutup Jalan Trans Sulawesi
nurhadi/tribunsulbar.com
Ratusan warga Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menutup jalan trans Sulawesi di perbatasan Majene-Mamuju, Desa Maliaya, Kecamatan Malunda, Jumat (8/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Ratusan warga Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menutup jalan trans Sulawesi di perbatasan Majene-Mamuju, Desa Maliaya, Kecamatan Malunda, Jumat (8/6/2018).

Aksi penutupan jalan tersebut, merupakan bentuk penolakan terhadap wacana rencana kebijakan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, terkait pembagian dana Participasing Interest (PI) pengelolaan migas Blok Sebuku.

Unjuk rasa tersebut, berlangsung sejak Pukul 14.00 Wita. Massa aksi berasal dari Kecamatan Malunda dan Kecamatam Ulumanda.

Ali Baal Masdar mewacanakan akan melakukan pembagian PI Migas Blok Sebuku (Pulau Lerek-lerekang) sesuai dengan kehendaknya atau keluar dari hasil kepakatan yang tertuang dalam notulensi pertemuan antara Pemprov Sulbar-Pemprov Kalsel di Istana Wapres beberapa tahun lalu.

Dimana, dalam notulensi pertemuan tersebut tertuang bahwa pembagian PI 10 persen akan dibagi kepada Pemprov Sulbar 2,5 persen, Pemprov Kalsel 2,5 persen. Kemudian Majene 2,5 persen dan Kabupaten Kota Baru 2,5 persen sebagai daerah penghasil.

Namun, mantan Bupati Polman dua periode itu ingin berkehendak lain, PI 5 persen yang seharusnya di bagi 50:50 persen antara Pemprov dan Majene, tetapi ia justru ingin membagi PI sebesar 5 persen, dengan sistem 3 persen untuk Pemprov dan 2 persen akan dibagi ke enam kabupaten di Sulawesi Barat.

Rencana tersebut mendapatkan penolakan keras dari warga Kabupaten Majene selaku daerah penghasil migas, mereka menilai Ali Baal Masdar melakukan perbuatan inkonsistensi tehadap hasil mediasi Pemprov Kalsel dan Pemprov Sulbar oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dihadiri Kementerian ESDM dan SKK Migas.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved