Pelabuhan Soekarno Hatta Tawarkan Kenyaman Bagi Pemudik, Ini Fasilitasnya

Selain kesiapan infrastruktur, pihaknya juga telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi (keberangkatan) dan debarkasi (kedatangan).

Pelabuhan Soekarno Hatta Tawarkan Kenyaman Bagi Pemudik, Ini Fasilitasnya
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD FADHLY ALI
PT Pelindo IV Cabang Makassar sedang menata posisi Pedagang Kaki Lima (PK5) di Pelabuhan Soekarno Hatta Jl Nusantara Makassar. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pelindo IV (Persero) melakukan berbagai kesiapan untuk kelancaran pemudik yang menggunakan moda transportasi laut, khususnya melalui Pelabuhan Soekarno Hatta Jl Nusantara Makassar.

Asmen Hukum dan Humas Cabang Makassar Anna Maryani menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan terminal penumpang standar internasional yang telah dilengkapi garbarata atau jembatan penghubung dari ruang tunggu terminal penumpang ke pintu masuk kapal.

“Selain itu, juga sudah tersedia travelator, connecting bridge, serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang yang siap menampung hingga 4.000 orang,” kata katanya.

Selain kesiapan infrastruktur, pihaknya juga telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi (keberangkatan) dan debarkasi (kedatangan).

Baca: Gelar Pasar Murah, Pelindo Bagi 1.000 Paket Sembako

Pihaknya juga sudah melakukan penataan pedagang kaki lima (PK5) di area Pelabuhan Makassar, pemasangan CCTV sebanyak 9 titik di sisi dermaga, 18 titik di terminal penumpang lantai satu dan dua, serta 16 titik di area PK5.

Selain itu, tersedia juga air kran yang bisa langsung dikonsumsi, ruang menyusui, AC di lantai bawah dan atas, toilet yang senantiasa bersih.

Musala dan perlengkapan salat, kursi roda untuk penyandang disabilitas, serta tidak ada lagi pedagang asongan yang berkeliaran di area dermaga dan terminal penumpang.

"Keamanan kita telah bekerja sama dengan aparat keamanan baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), serta Lantamal dan K9 Polda Sulsel, juga telah memiliki alat keamanan seperti metal detector," ujarnya.

Pelindo IV pun akan membentuk tim terpadu dari seluruh stakeholder yang ada di Pelabuhan Makassar, Pemda, dan instansi terkait yang efektif mulai H-15 hingga H+15 Idul Fitri. (Aly)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help