Kemendagri Gelar Penguatan Kapasitas Ormas di Makassar

Organisasi kemasyarakatan (ormas) berperan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.

Kemendagri Gelar Penguatan Kapasitas Ormas di Makassar
citizenreporter
Forum kemitraan ormas dalam rangka penguatan ideologi, kerakter, wawasan kebangsaan, dan revolusi mental di Hotel Novotel Makassar Grand Shayla, Jalan Chairil Anwar, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/6/2018). 

Ilmaddin Husain

Wakil Sekretaris LDII Sulsel

TRIBUN-TIMUR.COM - Organisasi kemasyarakatan (ormas) berperan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.

Selain itu, di tengah kontestasi politik, ormas diharap dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal ini mengemuka dalam kegiatan forum kemitraan ormas dalam rangka penguatan ideologi, kerakter, wawasan kebangsaan, dan revolusi mental.

Kegiatan digelar Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Novotel Makassar Grand Shayla, Jalan Chairil Anwar, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/6/2018).

Pembicara diantaranya Direktur Organisasi Kemasyarakatan Drs La Ode Ahmad MSi, Kepala Bagian Perundang-undangan Ditjen Pemerintahan Umum Kemendagri Drs Sarmadani MSi, dan Kasubdit Kemitraan dan Pemberdayaan Ormas Drs Sunaryo MSi.

Hadir mengikuti forum, Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan Ilmaddin Husain SPd dan Ahmad Riefai SPWK.

Adapun para pembicara menyampaikan materi penguatan kapasitas organisasi kemasyarakatan, penguatan ideologi dan wawasan kebangsaan ormas dalam kerangka NKRI dan penyelenggaraan pemerintahan umum, dan penyamaan persepsi terhadap UU Ormas dan aturan pelaksanaannya.

Direktur Organisasi Kemasyarakatan Drs La Ode Ahmad MSi dalam pemaparannya mengatakan, ormas berperan sebagai fasilitator penyampai aspirasi.

Selain itu, ormas adalah kekuatan sosial sebagai kontrol konstruktif bagi pelaksanaan program politik dan pembangunan.

“Ormas sebagai fasilitator peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan,” ungkapnya.

Menurut Kasubdit Kemitraan dan Pemberdayaan Ormas Drs Sunaryo MSi, pemerintah dan pemerintah daerah dapat melakukan pemberdayaan ormas.

“Langkahnya melalui fasilitasi kebijakan, penguatan kapasitas kelembagaan, dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” katanya.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help