Segini Jumlah ASN yang Dilaporkan Panwaslu Luwu ke KASN

Selain penindakan pelanggaran, Sam Abdi juga membeberkan ada empat ASN yang sudah direkomendasikan ke KASN.

Segini Jumlah ASN yang Dilaporkan Panwaslu Luwu ke KASN
desy/tribunluwu.com
Suasana sosialisasi pengawasan partisipatif oleh Panwaslu Luwu di Kafe Triple Q, Jl Topoka, Kelurahan Senga, Belopa, Minggu (3/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, Desy Arsyad

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Luwu membeberkan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) likup Pemerintahan Kabupaten Luwu yang terlibat pelanggaran pilkada.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panwaslu Luwu, Sam Abdi, saat sosialisasi pengawasan partisipatif di kafe Triple Q, Jl Topoka, Kelurahan Senga, Belopa, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Minggu (3/6/2018).

"Kasus pidana pelanggaran pilkada sampai hari ini sudah empat yang putua di Pengadilan Negeri Palopo. Yakni Desa Parekaju, Desa Tirowali, Camat Lamasi Timur dan Sekretaris Lurah Tanamanai," tuturnya.

Selain penindakan pelanggaran, Sam Abdi juga membeberkan ada empat ASN yang sudah direkomendasikan ke KASN.

Baca: Sejak Tahapan Pilkada Sidrap, Panwaslu Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu Sebanyak Ini

Baca: Bupati Pangkep Akan Tindaklanjuti Rekomendasi KASN Terkait Pelanggaran ASN

"Adapun jumlah ASN yakni kasatpol PP, seorang pegawai di Bagian Umum Sekretriat Daerah, dan seorang pegawai Kemenag. Itu terjadi sebelum putusan calon dan kami rekomendasi ke KASN," tuturnya.

Disamping itu, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Laode Arumahi, yang hadir dalam sosialisasi mengatakan tugas pertama panwas adalah pencegahan.

"Tugas paling pertama adalah pencegahan, seperti melakukan kegiatan sosialisasi, tatap muka. Meski begitu, mereka tetap melakukan pelanggaran. Saat diklarifikasi mengakui jika itu melanggar, tapi tetap saja melakukan. Sehingga dilakukan penindakan," jelasnya.(*)

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved