Ini Penyebab Arus Pendek Terjadi, Begini Cara Mencegahnya

Kebakaran di tiga kabupaten di Sulsel yang mengakibatkan belasan rumah terbakar yang disinyalir diakibatkan arus pendek

Ini Penyebab Arus Pendek Terjadi, Begini Cara Mencegahnya
HANDOVER
Eko Wahyu Prasongko (kiri)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menanggapi kebakaran di tiga kabupaten di Sulsel yang mengakibatkan belasan rumah terbakar yang disinyalir diakibatkan arus pendek perlu, Supervisor Humas PLN Sulselrabar Eko Wahyu Prasongko menjelaskan.

"Jadi intinya begini, semua pelanggan PLN dilengkapi dengan mini circuit breaker (MCB) yang berfungsi untuk memutus arus listrik atau tegangan apabila terjadi arus pendek\konsleting," kata Eko saat dihubungi Sabtu (2/6/2018).

Sehingga apabila terjadi arus pendek berakibat kebakaran.

"Apa yang terjadi di 3 kabupaten tersebut kemungkinan diakibatkan arus listrik yang tidak melewati MCB tersebut. Hal ini terjadi bisa karena sambungan langsung. Jadi begitu konsleting otomatis MCB akan turun sehingga lampu di rumah pelanggan akan mati," katanya.

Sebagai catatan juga bahwa instalasi di dalam rumah pelanggan adalah menjadi tanggung jawab pelanggan, PLN hanya sampai di KWH Meter saja.

Untuk mencengah terjadinya arus pendek, diharapkan kepada pelanggan untuk tidak menyambung langsung mencantol listriknya tanpa melewati MCB, karena di samping bisa mengakibatkan konsleting juga bisa memicu terjadinya kebakaran.

"Di samping itu juga tidak menggunakan steker bercabang secara berlebihan dan merapikan instalasi rumah. Mencantol listrik adalah pelanggaran yang dikategorikan pencurian," ujar Eko. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help