Kerja sama SMAN 5 Barru, BKPRMI Tanete Riaja Gelar Pelatihan 'Mantri'

Sementara bagi para calon mubalig, ditanamkan kesadaran bahwa dakwah bukan hanya tugas para santri, ustad, atau kiai.

Kerja sama SMAN 5 Barru, BKPRMI Tanete Riaja Gelar Pelatihan 'Mantri'
akbar hs/tribunbarru.com
DPK BKPRMI Tanete Riaja bekerja sama dengan SMAN 5 Barru menggelar pembekalan dan pelatihan Mubalig Muda Tanete Riaja (Mantri) di Musala SMAN 5 Barru, Ralla, Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, Senin (28/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - DPK BKPRMI Tanete Riaja bekerja sama dengan SMAN 5 Barru menggelar pembekalan dan pelatihan Mubalig Muda Tanete Riaja (Mantri) di Musala SMAN 5 Barru, Ralla, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Senin (28/5/2018).

Kegiatan tersebut diikuti 62 peserta yang didominasi oleh siswa SMAN 5 Barru. Selain itu, diikuti juga oleh utusan organisasi pemuda remaja lingkup Tanete Riaja.

Pelatihan dimulai dengan materi 'Dakwah dengan Bahasa Lokal' oleh Muhammad Saleh. Selanjutnya materi 'Etika dan Estetika Dakwah' oleh Nirwan Wahyudi AR, dilanjutkan dengan praktik ceramah yang dibimbing oleh kader-kader BKPRMI Tanete Riaja.

Nirwan Wahyudi AR selaku ketua umum DPK BKPRMI Tanete Riaja dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut selain bertujuan meningkatkan wawasan mubalig muda Tanete Riaja, juga untuk menumbuhkan kesadaran berdakwah bagi calon muballigh.

Baca: BKPRMI Galesong Gelar Festival Ramadan 1439 H

Baca: Ramadan, BKPRMI Parepare Ajak Warga Tenang, Tak Terpengaruh Politik dan Teror

"Kegiatan ini diikuti oleh mubalig muda dan calon muballigh. Untuk para muballigh, dimaksudkan untuk menambah wawasan tentang dakwah. Sementara bagi para calon mubalig, ditanamkan kesadaran bahwa dakwah bukan hanya tugas para santri, ustad, atau kiai, tetapi merupakan kewajiban tiap muslim sesuai kemampuannya," jelasnya kepada TribunBarru.com.

Menurut Nirwan, banyak masjid di Tanete Riaja yang jarang terjangkau oleh kegiatan dakwah, sehingga para peserta diharapkan bisa mengisi kekosongan tersebut.

"Mudah-mudahan para peserta bisa menjadi juru dakwah di kampung-kampung yang jarang dihadiri muballigh, utamanya di pelosok Tanete Riaja," tuturnya.

Pembukaan kegiatan Mantri tersebut turut dihadiri oleh Camat Tanete Riaja, Mustakim, Pembina Rohis SMA Negeri 5 Barru, Syahrial dan Agustan, serta jajaran DPK BKPRMI Tanete Riaja.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved