Liga 1 2018

Hadapi Madura United, Robert Diminta Turunkan Pemain yang Betul-betul Prima

Ia mencontohkan Wiljam Pluim dan Marc Klok yang permainannya tidak terlalu menonjol ketika berhadapan dengan Persib.

Hadapi Madura United, Robert Diminta Turunkan Pemain yang Betul-betul Prima
Robert Rene Alberts

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ilham Mulyawan

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim PSM Makassar akan menjamu Madura United (MU) pada pekan ke-11 Liga 1 di Stadion Mattoanging, Makassar, Rabu (30/5/2018). Laga kedua kesebelasan digelar pukul 21.30 Wita atau selepas ibadah Salat Tarawih.

Menghadapi MU, Pelatih Robert Rene Alberts dituntut harus mampu menjawab kritikan yang ditujukan kepadanya, pasca Zulkifli Syukur Cs kalah memalukan 3-0 atas Persib Bandung pekan lalu.

Kekalahan terjadi karena begitu mudahnya permainan tim terbaca oleh lawan. Titik lemah di posisi bek kanan dieksplorasi oleh winger Persib dalam membangun serangan.

Pun lini tengah yang dikomandoi oleh Marc Klok dan Wiljan Pluim seakan mati kutu oleh penjagaan pemain Maung Bandung. 

Belajar dari laga itu, diharap Robert sebagai pelatih kenyang pengalaman mampu meracik strategi jitu guna meredam perlawanan Madura United, yang dua laga terakhir meraih hasil minor. Kalah 6-0 atas Persipura dan berbagi angka dengan Persebaya usai ditahan imbang 2-2. 

Pelatih sekaliber Milomir Seslija tentu tak ingin kehilangan poin lagi saat melawan PSM sehingga inilah harus diwaspadai oleh Robert sebagai juru taktik Laskar Pinisi. 

Baca: Butuh Asnawi, PSM Bersurat ke PSSI

Baca: Berikut Daftar Nama pemain Madura United ke Makassar

Pengamat sepak bola senior, JD Bosco menilai komposisi pemain yang kerap diturunkan Robert selama ini cenderung tak banyak berubah di tiap pertandingan. Hal ini dimanfaatkan lawan untuk mencari kelemahan tim.

Tak pelak, PSM kalah atas Persela 3-2 dan hampir kalah dari PS Tira, beruntung mampu menang dramatis dengan skor 4-3. Dan semua laga itu berlangsung di Stadion Mattoanging. 

"Saya kira tim pelatih harus berani memainkan pemain yang betul prima dan coba menurunkan komposisi pemain berbeda dengan pola permainan lain pula," kata Bosco.

Halaman
12
Penulis: Ilham Mulyawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved