Baznas Enrekang Targetkan Kumpulkan Rp 10 M dari Zakat Mal Tahun Ini

zakat yang telah dikumpulkan oleh Baznas Enrekang tersebut nantinya bakal disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baznas Enrekang Targetkan Kumpulkan Rp 10 M dari Zakat Mal Tahun Ini
azis albar
Wakil ketua 1 bidang pengumpulan Baznas Enrekang, Basruddin 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG-
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang menargetkan dapat mengumpulkan Rp 10 miliar dari Zakat Mal tahun 2018 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil ketua 1 bidang pengumpulan Baznas Enrekang, Basruddin kepada TribunEnrekang.com, Minggu (27/5/2018).

Menurutnya, target tersebut diharapkan mampu dicapai dengan memaksimalkan potensi zakat di masyarakat.

"Jadi tahun ini untuk zakat kita targetkan bisa capai Rp 10 miliar, harapan kita tentu dari zakat profesi dari ASN yang besaran 2,5 persen gaji mereka tiap bulan," kata Basruddin.

Ia menjelaskan, zakat yang telah dikumpulkan oleh Baznas Enrekang tersebut nantinya bakal disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Penyalurannya bisa lewat bantuan pendidikan, bedah rumah, memfasilitasi kegiatan-kegiatan keagamaab di 12 Kecamatan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk golongan fakir dan lain sebagainya.

"Kalau penyaluran terbesar kita, itu kepada BLT kepada fakir, karena bantuannya berupa uang tunai Rp 200 ribu per orang untuk 1290 fakir sehingga jumlahnya dapat mencapai Rp 2,3 miliar per bulannya," ujarnya.

Selain itu, ada pula bantuan terhadap pembangunan masjid tapi sifatnya harus selektif dalam penentuan masjid yang akan dibantu.

"Kita hanya berikan kepada masjid yang sedang membangun di daerah pedesaan maksimalnya hanya Rp 5 juta saja per masjid," tuturnya.

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help